Pertukaran Mahasiswa sebagai Program di Universitas Internasional

Universitas Indonesia atau yang dikenal dengan UI memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa untuk belajar di luar negri. Salah satu program yang dikembangkan oleh kampus UI yaitu program pertukaran mahasiswa. Program pertukaran mahasiswa merupakan salah satu program yang menarik minat mahasiswa dengan belajar sekaligus menikmati suasana baru yang berbeda di luar negri. Program ini berguna untuk memberikan pengalaman baru serta mempelajari budaya, tradisi, dan kultur suatu tempat yang dijadikan sebagai tempat pertukaran mahasiswa. Program pertukaran mahasiswa yang diadakan oleh UI bekerja sama dengan universitas mitra yang ada di seluruh dunia. Mahasiswa UI dan mahasiswa mitra bisa berpartisipasi dalam program ini. Mahasiswa UI dapat belajar selama satu atau dua semester di universitas mitra dengan biaya kuliah sama dengan biaya semesteran UI dan dibebaskan dari biaya kuliah di universitas mitra. Sebaliknya, universitas mitra depat belajar di kampus UI.

Program pertukaran mahasiswa memberi manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa yang  mengikutinya. Mahasiswa dapat melakukan perjalanan ke luar negri tanpa meninggalkan tugas belajar. Sebaliknya, mahasiswa mendapat banyak pembelajaran dari orang-orang baru di universitas baru. Mahasiswa yang mengikuti pertukaran ke luar negri biasanya memiliki pendangan yang lebih luas mengenai ilmu yang dipelajarinya serta jejaring pertemanan yang lebih luas. Hal ini memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan di masa depannya. Jika mahasiswa yang memilih universitas di negara dengan bahasa asing yang belum di kuasai, ini menjadi keuntungan sendiri untuk belajar bahasa tersebut. Mahasiswa belajar bahasa langsung lewat obrolan-obrolan sehari-hari, hal ini lebih memudahkan mahasiswa dibandingkan belajar secara formal di lembaga kursus atau di kelas-kelas dan UI sebagai International university.

Program pertukaran mahasiswa menjadi sebuah ajang dalam meningkatkan softskill mahasiswa. Karena secara tidak langsung mahasiswa membawa nama Indonesia dalam memperkenalkan dirinya di universitas baru dan dituntut untuk memberikan yang terbaik di setiap pembelajaran yang diikuti di universitas baru. Tinggal di luar negri dengan budaya yang berbeda menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, program ini pu bisa menambah kualitas mahasiswa saat melamar pekerjaan di masa yang akan datang. Program pertukaran mahasiswa ini diadakan oleh kampus UI sebagai implementasi dari kerjasama antara UI dan universitas mitra di seluruh dunia dalam rangka mewujudkan UI sebagai international university.