Tahapan Kemampuan Verbal Anak

Anak adalah makhluk yang sangat unik dan spesial, dimana setiap anak memiliki karakter yang berbeda baik karakter secara fisik maupun kareakter secara psikis seperti sifatnya. Namun setiap anak memiliki kesamaan dimana setiap anak dilahirkan dalam keadaan yang belum sempurna fungsi organnya. Salah satu organ yang belum berkembang sempurna adalah organ yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Namun seiring dangan berjalannya waktu dan bertambahnya usia maka kemampuan verbal dan seluruh organ di tubuhnya akan berkembang. Jika buah hati anda tidak menunjukkan perkembangan maka anak anda termasuk kedalam anak terlambat berbicara dan harus segera di tangani.

Jika anda ingin mengetahui apakah anak anda termasuk kedalam anak terlambat berbicara ataupun tidak, maka anda dapat memperhatikan tahapan perkembangan kemampuan verbal berikut ini :

  • 0-3 bulan : Pada awal kelahirannya hingga beberapa waktu kedepan pada rentang usia ini seorang anak hanya dapat berkomunikasi melalui satu bahasa yaitu tangisan, untuk mengungkapakan apa yang ia rasakan seperti rasa sakit, rasa lapar dan rasa nyaman akibat tubuhnya yang kotor ia hanya akan menangis.
  • 4-6 bulan : pada usia 4 hingga 6 bulan ini kemampuan verbal anak mulai berkembang, bibirnya mulai bisa mengucapakan kata yang sederhana dan hanya satu suku kata seperti ehe, ak-khe,dan mberr.
  • 6-9 bulan : Pada rentang usia ini seorang anak mulai menunjukka perkembangan kemampuan vebalnya dimana ia mulai mengoceh dengan beberapa kata berturut – turut seperti ehem – ekeh. Selain dari itu anak akan memainkan ludah dan menyemburkannya sebagai bentuklatihan motorik verbalnya. Selain dari itu pada masa ini juga anak mulai tertawa terbahak – bahak saat diajak bercanda.
  • 10-12 bulan : pada rentang usia ini anak mulai jelas mengeluarkan suku kata walaupun belum sempurna, seperti mamam untuk kata makan, walaupun belum jelas naman kata yang diungkapkannya dapat menunjukkan makna yang dia inginkan.

Itulah perkembangan verbal anak untuk rentang usia di bawah satu tahun, setiap anak memiliki perkembangan yag berbeda sehingga anak belum tentu termasuk anak terlambat berbicara jika tidak sesuai dengan rentang di atas.