Olahraga Yoga Cocok Untuk Semua Umur

manfaat olahragaOlahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh seseorang baik secara individu ataupun secara kelompok yang bisa menyehatkan baik secara jasmani ataupun juga secara rohani. Saat ini berbagai macam olahraga bisa dilakukan di berbagai tempat baik secara indoor ataupun outdoor. Khusus olahraga yang dilakukan secara individu dan tidak memerlukan tempat yaitu olahraga yoga.  Yoga merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan pada bagian tubuh dan diperlukan konsentrasi, ketenangan serta santai pada saat melakukannya. Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan olahraga yoga ini apalagi pada zaman sekarang ini manfaat olahraga yoga bisa sangat pas.

Secara singkat yoga diperkenalkan kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Sekarang sudah berkembang dengan banyaknya peminat olahraga ini baik itu anak – anak sampai orang dewasa bahkan orang yang sudah lansia pun bisa mengikuti olahraga ini. karena olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik yang prima sehingga semua umur bisa melakukannya. Adapun manfaat olahraga yoga itu diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Sebagai media untuk merelaksasi. Gerakan yang dilakukan dalam olahraga yoga dilakukan dengan cara perlahan – lahan sehingga ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan santai, selain itu yoga membutuhkan suara-suara alam sehingga akan membuat semakin rileks dan tenang lagi.
  2. Mencegah dan mengurangi dari gangguan stress. Tentu ini efek dari gerakan – gerakan yang perlahan – lahan dan akan membuat tenang semakin tenang maka akan membuat emosi menjadi lebih terjaga dan itu akan mengurangi bahkan mencegah dari gangguan stress.
  3. Untuk menjaga kebugaran tubuh. Yoga tentu akan menjaga kebugaran karena di dalam yoga juga melakukan gerakan secara aktif sehingga akan membuat badan lebih sehat dan bugar.
  4. Bisa menurunkan berat badan. Dengan olahraga yoga yang bergerak secara aktif maka bisa membakar lemak dan bisa menurunkan berat badan pada orang yang melakukannya dan bahkan bisa membentuk otot pada tubuh juga.

Yoga juga olahraga keluarga yang bisa dilakukan secara bersama – sama walaupun di tempat yang terbatas di rumah masing-masing.