Faktor yang Menyebabkan Gangguan Tidur Pada Bayi

bayi nangis tiap malamBayi nangis tiap malam merupakan salah satu hal yang kerap terjadi dan dialami oleh setiap orang tua khususnya bagi yang baru memiliki momongan. Hal ini tentunya mampu mengganggu jam tidur setiap orang tua yang mengalaminya. Selain itu, dengan kualitas tidur yang sangat baik, setiap bayi tentunya akan memiliki pertumbuhan yang jauh lebih optimal sehingga mampu tumbuh semakin lebih sehat. Hal tersebut diperkuat oleh fakta bahwa hormon pertumbuhan diproduksi ketika tubuh sedang dalam kondisi tidur. Maka dari itu, penting bagi setiap orang tua agar dapat menjaga kualitas tidur si kecil menjadi lebih baik. Akan tetapi, anda pun perlu mengenal beberapa faktor penyebab hal tersebut agar bisa menanggulanginya. Simak berikut beberapa faktor penyebabnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

1 . Merasa Tidak Nyaman

Ketidak nyamanan merupakan salah satu faktor yang kerap terjadi pada setiap bayi yang menangis di malam hari. Ketidak nyamanan ini bisa terjadi karena berbagai macam hal. Beberapa faktor yang menjadikan si kecil kurang nyaman diantaranya seperti lingkungan yang tidak nyaman seperti terlalu ramai atau bising, ketidak nyamanan popok yang basah, gerah dan berbagai macam ketidak nyamanan lainnya. Dengan demikian, anda perlu memperhatikan berbagai macam faktor yang menjadikannya kurang nyaman dengan memperhatikan popoknya, pakaian yang dikenakannya dan beberapa hal lainnya agar anda bisa langsung mengambil tindakan.

2 . Kondisi Kesehatan yang Menurun

Selain ketidak nyamanan, bayi pun kerap menangis jika dirinya mengalami gangguan kondisi kesehatan yang menurun. Hal ini bisa anda lihat dari kondisi suhu tubuhnya atau anda bisa langsung mengambil tindakan pencegahan langsung pada ahli kesehatan atau dokter. Dengan demikian anda bisa langsung mengobati dan meminta solusi yang tepat pada dokter anak yang anda kunjungi. Selain penyakit yang serius, ada juga beberapa jenis penyakit yang ringan seperti digigit serangga, sakit perut dan beberapa penyakit ringan lainnya yang bisa anda lakukan pencegahan sendiri untuk menenangkannya.

3 . Buang Air Besar

Sama halnya seperti orang dewasa, bayi pun kerap tidak akan merasa nyaman terhadap kotorannya sendiri. Hal ini bisa anda langsung lihat sendiri dengan melakukan pengecekan popok yang dikenakannya. Hal ini perlu anda perhatikan karena gangguan ini merupakan salah satu gangguan yang kerap menjadikan bayi nangis tiap malam. Pastikanlah terlebih dahulu sebelum mereka tertidur agar kualitas tidur mereka menjadi lebih baik.

4 . Merasa Lapar

Hal sederhana lainnya yang mungkin saja terjadi adalah karena bayi anda merasa lapar di malam hari. Jika kondisi kesehatan dan popok mereka aman. Maka cobalah untuk memberinya makan atau cemilan khusus untuk bayi untuk menenangkannya. Hal ini kerap terjadi dan bahkan sering terjadi mengingat bayi selalu mengeksfresikan keinginannya hanya dengan sebuah tangisan termasuk ketika mereka tengah dalam kondisi lapar.

Ke empat faktor di atas bisa menjadi beberapa faktor yang memungkinkan si kecil mengalami kualitas tidur yang kurang baik. Selain ke empat cara di atas anda pun bisa memberikan mereka berbagai kenyamanan dengan produk perawatan dari Johnsons yang merupakan produk perawatan bayi terbaik. Salah satu produk yang  bisa anda jadikan sebagai pilihan ialah baby powder yang terbuat dari talc murni sehingga mampu memberikan kenyamanan pada bayi dan menjadi solusi bayi nangis tiap malam. Semoga pemaparan artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi terutama bagi anda yang baru memiliki seorang bayi.