UI menurut Webometric Ranking of World Universities

Menjadi mahasiswa UI adalah suatu kebanggaan karena selain universitas terbaik Indonesia juga segudang prestasi yang diraih UI. Seperti baru-baru ini yang kita dengar 7 orang mahaaiswa UI mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Model United Nations Conference di Australia. Ini merupakan bukti bahwa UI layak menjadi universitas terbaik Indonesia.

Selain sebagai universitas terbaik Indonesia ternyata di dunia maya UI tercatat sebagai website terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Webometrics merupakan sistem perankingan

universitas indonesia

Universitas internasional berbasis website yang dikembangakan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website universitas di dunia. tujuan sistem pemeringkatan Webometrics ini adalah untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, dan mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Webrometics menyatakan bahwa UI meraih peringkat ke 13 di Asia Tenggara dan peringkay 758 di dunia.   Keberhasilan ini sebagai bukti UI telah memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT). Menurut pandangan Webometric Ranking of World Universities, website UI memiliki 4 indikator, yaitu:

  • Presence, merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google).
  • Impact, merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang terekam search engine (Google).
  • Openness, merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar).
  • Excellence, merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Itulah indikator yang digunakan Webometric Ranking of World Universities untuk menilai UI sebagai universitas terbaik Indonesia. Tak hanya itu saja  UI masuk ke dalam jajaran top 100