Strategi Komunikasi Untuk Menentukan Keberhasilan Humas

Teori strategi humas meliputi strategi komunikasi. Sebab, hubungan masyakat bisa dibentuk karena adanya komunikasi yang harmonis. Strategi harus mampu menunjukkan taktik operasional yang sesuai sasaran. Sedangkan komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan lisan atau melalui media.

Strategi komunikasi adalah panduan rencana komunikasi dengan manajemen untuk mencapai tujuan. Pencapaian tujuan ini harus bisa menunjukkan operasionalnya dengan melakukan pendekatan sesuai situasi dan kondisi. Nah, berikut ini fungsi dari strategi komunikasi dalam pembentukan humas yang harmonis.

Menyebarluaskan pesan atau informasi

Tujuan adanya strategi komunikasi ini adalah penyebaran pesan bisa dilakukan secara informatif, persuasif, edukatif kepada sasaran yang dituju agar mendapatkan hasil maksimal. Seorang pelaksana strategi komunikasi haruslah pandai mengolah kata sehingga bisa mendapatkan perhatian publik.

Menjadi penghubung yang tepat

Fungsi berikutnya adalah bisa menjadi penghubung yang tepat ketika terjadi kesenjangan antara perusahaan dengan publik. Ini dimaksudkan agar hubungan perusahaan dengan publik terbina baik. Selain itu, bisa menyelesaikan ketika terjadi suatu masalah.

Menciptakan anggapan atau opini positif

Perencanaan komunikasi yang tepat bisa menciptakan citra positif terhadap perusahaan atau organisasi. Melalui komunikasi yang baik, masyakarat akan mulai mengenal perusahaan dan tahu apa saja pekerjaan yang dilakukan disana. Setelah mengenal, membuat publik tahu dan akhirnya tertaik dengan perusahaan itu. Dari rasa ketertaikan ini mulai terbentuk penerimaan sampai dukungan agar perusahaan atau organisasi mengalami kemajuan atau kesuksesan.

Memperbanyak keuntungan

Ada alasannya mengapa suatu perusahaan sangat memikirkan teori strategi humas. Salah satunya adalah untuk meraup banyak keuntungan dalam situasi dan kondisi apapun itu. Nah, setelah opini terbentuk, selanjutnya kegiatan pemasaran akan berjalan dari mulut ke mulut dan tanpa disadari publik sendiri yang mempromosikan. Dari situ perusahaan menjadi populer yang mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Strategi Komunikasi Untuk Menentukan Keberhasilan Humas

Dilihat dari beberapa fungsi dari strategi komunikasi, tak heran bila perusahaan atau organisasi sangat ketat dalam memilih pegawai humasnya. Setelah itu, barulah memanfaatkan fasilitas yang ada.