Cara Membimbing Anak Menghadapi Ujian

Sebagai orang tua tentunya anda sering melihat anak anda stress atau murung karena beberapa sebab yang diantaranya adalah menghadapi ujian ataupun ulangan. Anda juga tentunya mengalami hal tersebut ketika masih kecil, dan merasakan bagaimana tegangnya dan takut memiliki nilai yang jelek. Apalagi pelajaran yang akan diujiankan merupakan materi yang lebih banyak hafalannya seperti pelajaran bahasa Indonesia, PKn, bahasa Inggris, IPS, ataupun IPA.

Pelajaran-pelajaran tersebut tentunya memiliki banyak istilah, pendapat, bahasa latin atau asing, atau juga rumus pada materi hitungan yang tentunya harus dihafalkan. Nah jika anda dulu pernah mengalami dan mampu melewati kondisi tersebut, maka sebaiknya anda juga berbagi cara yang baik untuk anak anda. Ada banyak cara mudah menghafal yang bisa anda tularkan kepada anak anda, supaya mereka mampu tenang dan berprestasi ketika ujian.

Ujian bukanlah sebuah kegiatan yang menakutkan, melainkan sebuah evaluasi yang harus dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat pelajaran yang telah dikuasai. Nah hal pertama yang harus anda lakukan dalam membimbing anak ketika menghadapi ujian adalah dengan cara memberi pengertian kepada mereka tentang tujuan diadakannya ujian ataupun ulangan.

Kemudian coba anda arahkan cara belajar anak agar dirinya merasa nyaman dan senang untuk belajar. Dan yang ketiga adalah memberikan cara mudah menghafal pelajaran ataupun istilah dengan cepat dan tanpa lupa. Anda bisa menggunakan berbagai metode seperti Mnemonic yaitu cara menghafal kata dengan menggambarkannya sebagai wujud benda nyata, ataupun dengan cara Strory system yaitu dimana beberapa kata dirangkai menjadi sebuah kalimat ataupun sebuah cerita.

Dan masih banyak metode lainnya yang bisa anda terapkan kepada anak anda agar mereka mampu dengan cepat menghafal pelajaran. Jika sudah membimbingnya, maka anda harus melakukan tindak lanjut berupa tes. Coba anda tes pelajaran yang telah dihafal oleh anak, kemudian berikan motivasi dan jadikan suasana terasa begitu menyenangkan sehingga anak anda merasa sangat diperhatikan oleh anda. Dirinya pun akan merasa tenang dan tidak akan stress lagi ketika menghadapi ujian ataupun ulangan di sekolahnya.