Cara Mudah Mengajari Anak menulis

Ketika anak berusia lima tahun, tentunya harus mengenali pembelajaran dasar seperti menulis, membaca dan berhitung. Untuk mengajari anak tentang kemampuan dasar ini, bukan hanya kewajiban guru di sekolah. Tetapi para orangtua juga harus membantu agar anak dapat belajar dengan baik.

Namun tidak semua anak mempunyai kemampuan yang baik dalam belajar menulis salah satunya. Untuk itu para orang tua mesti memutar otak bagaimana cara mengajari anak menulis dengan baik. berikut ada beberapa tips mudah mengajari anak menulis, diantaranya:

  • Melatih cara memegang pensil

Sebelum mengajari anak menulis, hendaknya anda mengajari mereka cara memegang pensil yang benar. Anda bisa memulainya dengan menggunakan pensil bukan dengan polpoin, kenapa? jika mereka melakukan kesalahan dapat dihapus dengan mudah. Berilah contoh bagaimana cara memegang pensil yang benar. Ajarkan mereka sampai benar-benar paham.

cara mengajari anak menulis
cara mengajari anak menulis
  • Menulis sesuai dengan garis kertas

Untuk langkah pertama anda bisa memberinya kertas bergaris untuk mereka belajar menulis. Untuk tulisan biasa biasanya memiliki dua garis yang berurutan sebagai tanda  untuk memulai menulis huruf. Setelah itu ajari anak untuk mengetahui dimana titik menulis huruf yang besar dan huruf yang kecil. setelah mereka paham, anda bisa mulai mengajarkan satu huruf dengan titik yang sejajar secara berulang-ulang sampai mereka paham.

  • Dimulai dari satu huruf

Karena belajar menulis merupakan hal yang tidak mudah, sehingga anda harus mengajarinya secara perlahan dan sabar. Pertama cobalah untuk mengajari anak menulis satu huruf terlebih dahulu sampai mereka paham dan dapat menulis dengan benar. Jika sudah bisa, anda bisa mencoba huruf yang lainnya. Dan jika anak sudah bisa menulis semua huruf dengan baik, cibalah untuk mengajari anak menulis beberapa kata.

Itulah beberapa cara mengajari anak menulis yang benar. Memang butuh kesabaran dan ketelatenan dalam hal ini. Jangan terlalu memaksa anak anda, karena jika mood mereka sedang tidak baik, mereka akan merasa stress dan sulit untuk menulis. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan agar anak tidak merasa bosan.