Sistem BOP-B Yang Ada Di Universitas Indonesia

Semakin berkembangnya jaman yang semakin maju, maka biaya untuk pendidikan pun semakin maju atau semakin mahal, padahal ini sangat berdampak negatif, pasalnya orang-orang yang tingkat perekonomiannya rendah pendidikannya akan terhenti dan tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, padahal pendidikan harus dilakukan setinggi-tingginya.

Bagi orang yang kurang mampu untuk bisa kuliah hanya sebuah keinginan belaka saja sebab tidak sedikit orang tua yang mundur setelah melihat rincian biaya kuliah yang tidak murah itu, akibatnya tidak sedikit diantara mereka yang menyuruh untuk bekerja daripada untuk melanjutkan kuliah, padahal untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik itu dengan gaji yang besar dibutuhkan modal yang tinggi salah satunya dengan adanya ijazah dari salah satu universitas terbaik di Indonesia.universitas terbaik di indonesia Berbicara masalah biaya tentunya semua uiversitas pun mencantumkan biaya yang harus dibayar hanya saja yang menjadi perbedaannya yaitu antara besar dan kecilnya biaya tersebut. begitu juga di universitas Indonesia yang merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia memberikan harga pembayaran kuliah pada setiap pointnya seperti biaya masuk atau pendaftaran, biaya semester, baiya praktikum,  dan lain sebagainya. semua itu memang tidaklah murah jika dijumlahkan, namun perlu anda ketahui bahwa UI juga memberikan keringanan kepada orang tua dalam masalah pembayaran.

Sistem yang diberikan diberinama yaitu sistem BOP-B atu disebut dengan biaya operasional pendidikan berkeadilan yang mana sistem ini merupakan sistem perjanjian antara pihak kampus dengan orang tua dimana orang tua, pembayaran dilakukan sesuai denga kemampuan masing-masing dan itu dilakukan hanya setiap satu smester saja, misalnya biaya praktikum, biaya UAS, dan lain sebagainya itu dibayar hanya setiap 6 bulan sekali atau 1 smester.

Dengan adanya sistem BOP-B ini diharapkan semua orang yang berkeinginan kuliah bisa sedikit meringankan dengan memberikan waktu yang cukup lama untuk tenggang waktu pembayaran. Selain itu tujuan adanya BOP-B ini yaitu UI menginginkan pendidikan yang seluas-luasnya agar semua orang yang berkeingan kuliah di UI  sebagai universitas terbaik di Indonesia bisa terwujud.