Kenali Ciri Kerusakan Pada Alternator Mobil Anda

Dinamo Ampere mobil adalah sumber energi listrik dari pada aki mobil. Dinamo ampere atau yang biasa disebut dengan alternator mobil cara kerjanya adalah dengan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Maka dari itu kondisi dari alternator mobil harus selalu dalam keadaan prima. Namun tidak jarang bagian alternator mobil ini terdapat masalah sehingga terdapat gangguan pula pada arus listrik mobil. Dan biaya service alternator mobil cukup mahal. Maka dari itu perlu sekali bagi anda untuk mengetahui ciri ciri kerusakan pada alternator mobil untuk melakukan langkah penanganan yang lebih cepat. Berikut ini beberapa ciri kerusakan pada alternator mobil, di antaranya adalah :

Biaya service alternator mobil
Biaya service alternator mobil
  1. Adanya bau hangus
    Bau hangus yang menandakan alternator mobil anda rusak adalah seperti bau karet yang terbakar. Sebaiknya anda periksa terlebih dahulu apakah bau hangus utu berasal dari alternator mobil anda? Biasanya jika memang iya bagian yang terbakar adalah bagian kabelnya yang dikarenakan adanya gesekan. Setelah memastikan asal bau hangus, maka anda bisa segeea membawa mobil anda ke bengkel.
  2. Ada suara decitan
    Ketika ada gangguan pada kabel alternator, contohnya seperti kabel yang melintir akibat adanya sesuatu gangguan dari bagian lain maka biasanya dari ruang mesin akan terdengar bunyi decitan.
  3. Mulai redupnya lampu mobil
    Karena alternator adalah sumber listrik, maka ketika bagian ini terdapat kerusakan suplai listrik di mobil pun akan melemah, salah aatu efeknya adalah pada lampu sorot mobil yang akan mulai melemah. Ini akan menjadi ciri yang paling menunjukkan kerusakan dari alternator mobil.
  4. Aki tidak berfungsi normal
    Seperti yang telah disinggung di atas bahwa alternator mobil berhubungan erat dengan aki mobil. Ketika alternator mobil mengalami kerusakan maka secara otomatis aki mobil pun akan turut tidak berfungsi secara normal katena sumber energi listrik nya terdapat gangguan.

Itulah beberapa ciri dari adanya kerusakan pada alternator mobil. Bagi anda yang ingin biaya service alternator mobil murah meriah anda bisa memilih bengkel montir.id untuk lokasi service alternator mobil anda.