Resep Martabak Mini

Gula putih adalah jenis gula pasir yang memiliki warna putih bersih dengan kristalan yang konsisten. Gula pasir jenis ini banyak digunakan untuk berbagai olahan seperti es cream, kue dan olahan lain yang memiliki rasa manis. Salah satu olahan yang menggunakan gula pasir premium Gulaku adalah martabak mini.

Tentu Anda sering menemukan jajanan martabak mini, bukan? Jajanan dengan tekstur lembut dan khas ini banyak dicari oleh berbagai orang. Topping sajian ini juga bermacam macam, mulai dari kacang tanah, meses, keju hingga selai beraneka rasa. Nah, jika Anda penasaran dengan bahan dan cara membuatnya, berikut ini adalah penjelasannya:

Bahan: Secara umum, bahan dasar pembuatan martabak adalah 500 gram tepung terigu, 200 gram gula putih Gulaku, 700 ml air. 3 sdt fermipan, 2 sdt soda kue, 2 sdt baking powder, ½ sdt garam, 4 kuning telur dan vanili secukupnya.

gula putih

Cara membuat:

  • Campurkan hingga merata tepung terigu, fermipan, soda kue, baking powder dan garam
  • Siapkan mixer dengan kecepatan sedang untuk mengocok kuning telur dan Gulaku. Kocok selama 10 menit
  • Setelah adonan telur dan gula berwarna pucat, masukkan campuran tepung yang telah dibuat sebelumnya. Anda dapat mengayak tepung terlebih dahulu agar mudah saat mengaduknya (tidak bergerindil). Kemudian tambahkan vanila dan masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bercampur rata
  • Sediakan tutup kain yang telah dibasahi. Tutup adonan dengan kain tersebut selama 1 jam
  • Siapkan teflon untuk mencetak martabak mini dengan memberinya sedikit olehsan mentega. Untuk menghasilkan martabak yang berserat, masukkan adonan setengan terlebih dahulu. Jika telah mulai mengembang dan berlubang, tutup cetakan. Masak 5 menit atau hingga martabak matang
  • Angkat dan taburi dengan taburan seperti kacang tanah, parutan keju cheddar, meises atau bahkan kismis.

Salah satu kunci membuat martabak mini yang enak adalah dari jenis gula yang digunakan. Pilih gula putih berkualitas dengan merek Gulaku, karena Gulaku selalu berupaya menjaga kualitas dari mulai bahan baku, proses pengolahan, hingga pengemasan. Semua dilakukan dengan bantuan mesin yang higienis.