Kue Tradisional Indonesia, Jawa Barat

Indonesia selalu memiliki keunikan tersendiri, dari mulai suku bangsa, budaya, bahasa , bahkan makanan. seperti di jawa barang yang memiliki aneka kue tradisional indonesia yang lezat rasanya.

Siapa sih yang tidak kenal kue? Kue memang sangat lezat untuk dijadikan teman saat menikmati masa santai atau saat berkumpul dengan keluarga. Di indonesia sendiri banyak sekali kue tradisional yang rasanya lezat dan enak. dan biasanya untuk setiap daerah memiliki satu resep kue tradisional masing masing. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah beberapa kue basah yang berasal dari daerah jawa barat. Berikut ini adalah beberapa kue tradisional indonesia  dari daerah jawa barat, di antaranya adalah :

  1. Kue lapis

Kue basah satu ini adalah kue yang sangat unik. hal ini karena kue ini terdiri dari beberapa lapisan. Kue lapis biasanya memiliki tekstur yang sama dengan pudding, atau hampir sama. Hanya saja kue lapis lebih padat dan lebih keras. Kue lapis dibuat dari beras ketan, dengan adonan yang terdiri dari dua warna atau lebih. Yang membuat kue ini sangat disukai, selain rasanya, warnanya juga menarik.

2. Kue putu ayu

Kue ini memang jarang sekali di jual di pasaran, meskipun beberapa bisa menemukannya di toko yang khusus menjual aneka jajanan kue basah. Kue yang memiliki warna khas yaitu warna hijau muda ini sangat enak dan biasa ditemukan pada saat ada acara acara pesta.

3. Kue ali

Saat anda melihat kue satu ini pasti yang terbayang adalah rasa manisnya. Karena kue ini terbuat dari banyak gula aren yang dicampurkan dengan tepung beras sehingga rasanya sangat manis. Bentuknya hampir mirip donar, namun kue ali sangat kecil dan tidak empuk, sedangkan donat dibuat dengan terigu sehingga empuk dan berukuran besar.

4. Kue bugis

Adakah yang mengetahui kue satu ini? Kue bugis ini adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, kemudian proses memasaknya dengan cara dikukus dna dibalut dengan daun pisang. Kue ini biasanya disajikan saat ada pesta untuk menjamu tamu undangan yang hadir.

Itulah beberapa kue tradisional indonesia yang berasal dari jawa barat.