Cara Klaim Asuransi Agar Mudah

Klaim asuransi mobil bisa diartikan sebagai salah satu upaya pemegang polis untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi, karena telah mengalami kejadian yang tak diinginkan seperti kecelakaan mobil atau menjadi korban pencurian terhadap mobil yang telah diasuransikan sebelumnya. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan dari berbagai kerugian yang bisa disebabkan oleh berbagai insiden tersebut, anda bisa mengikuti produk asuransi mobil di perusahaan yang sudah terpercaya.
Kendati demikian Anda pun juga harus mengetahui lebih lanjut tentang prosedur melakukan klaim asuransi mobil dengan benar agar tidak menyulitkan anda di kemudian hari. Dan di bawah ini akan kami paparkan tentang 7 cara klaim asuransi termudah, berikut diantaranya :

  1. Memfoto bagian mobil yang mengalami kerusakan
    Setelah mengalami insiden kecelakaan ataupun menjadi korban pencurian, segera dokumentasikan kejadian tersebut dengan memfoto kerusakan yang terjadi pada badan mobil. Karena foto tersebut bisa menjadi bukti kuat agar klaim yang akan kita ajukan, mudah untuk diterima.
  2. Menghubungi pihak asuransi
    Setelah mendokumentasikan berbagai bukti foto kerusakan pada badan mobil, barulah Anda bisa menghubungi pihak asuransi untuk mendapatkan tindak lanjut terhadap mobil Anda yang sedang terkena musibah.
  3. Menyiapkan dokumen pendukung klaim asuransi
    Persiapkan dulu dokumen pendukung klaim asuransi yang dibutuhkan seperti polis asuransi, ktp, sim, stnk dan juga surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan pada mobil Anda tergolong parah.
  4. Membawa mobil yang rusak ke bengkel rekanan
    Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak asuransi, maka bawalah kendaraan Anda yang rusak itu menuju bengkel rekanan dari pihak asuransinya sendiri untuk segera diperbaiki.
  5. Mengisi formulir
    Dan setelah mobil sedang dalam proses perbaikan, Anda akan disuruh mengisi sebuah formulir yang diberikan dari perusahaan Asuransi sebagai dokumen pelengkap untuk keberhasilan proses klaim yang Anda ajukan.
  6. Memberikan informasi dengan jelas dan jujur
    Hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah, memberikan informasi mengenai rentetan kejadian musibah yang Anda alami dengan secara detail seperti tempat kejadian, waktu kejadian, dan masih banyak yang lainnya lagi. Lalu, ceritakan bahwa semua informasi yang Anda berikan tadi adalah memang begitu adanya dan tidak direka-reka.
    Mudah atau tidaknya suatu klaim asuransi mobil yang ingin Anda ajukan, tergantung juga pada perusahaan asuransi yang Anda ikuti. Untuk itu pilihlah asuransi yang memiliki reputasi yang baik dalam proses pengajuan klaim seperti dari Autocillin.