Menu Makanan Indonesia Gulai Cumi

Cumi adalah salah satu makanan yang lezat terutama jika diolah kedalam menu makanan Indonesia yang lezat seperti gulai. Gulai adalah makanan yang identik dengan daging seperti ayam dan daging sapi. Namun cumi adalah salah satu pilihan bahan utama yang tidak kalah mengguggah selera. Untuk yang saat ini sedang bingung mengolah menu masakan harian lezat, gulai adalah salah satu pilihan yang tepat.

Biasanya gulai dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging seperti daging ayam dan sapi, ternyata menu makanan Indonesia ini pun bisa juga Anda buat dengan menggunakan bahan dasar cumi. Cumi yang digunakan haruslah cumi yang masih fresh dan berbagai bahan – bahan lainnya untuk digunakan sebagai bumbu.

Untuk Anda yang tertarik mengolah menu masakan yang satu ini, berikut akan Kami jelaskan tips membuat gulai cumi mudah untuk masakan rumahan yang spesial.

1. Bahan – Bahan

Siapkan berbagai bahan – bahan untuk membuat menu makanan Indonesia yang satu ini. Diantaranya seperti 5 ekor cumi berukuran sedang dan jeruk nipis. Untuk bahan isi, siapkan bahan seperti 1 butir telur, ¼ kotak tahu (dari jenis tahu berukuran besar), 1 butir telur, 1 sendok teh kaldu jamur, ¼ sendok teh lada bubuk dan garam secukupnya.

Untuk bumbu halus, siapkan 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 buah kemiri sangria 1 sendok makan ketumbar sangria, 3 cm jahe, 6 cm kunyit bakar dan 2 buah cabai keriting. Dan terakhir untuk bumbu cemplung siapkan 2 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 1 buah serai geprek, 5 cm lengkuas geprek, gula secukupnya, garam secukupnya, 1 bungkus santan kara kecil dan air secukupnya.

2. Cara Membuatnya

Setelah bahan siap, Anda bisa lanjut ke proses pengolahan menu makanan Indonesia. Pertama – tama bersihkan terlebih dahulu cumi, lepaskan kepala cumi, lepas kulit arinya, buang tinta dan isi perutnya. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air lalu tiriskan. Selanjutnya, hancurkan tahu menggunakan garpu lalu tambahkan bumbu isian dan juga telur lalu aduk hingga rata kemudian sisihkan. Masukan bahan isian ke dalam perut cumi, tutup dengan kepala cumi dan sematkan ujungnya menggunakan tusuk gigi.

Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum. Masukan daun jeruk, serai, salam dan lengkuas lalu aduk hingga layu. Tambahkan santan, masak sambil diaduk hingga mendidih lalu tambahkan gula. Setelah mendidih dan matang sajikan selagi masih hangat.