Ragam Perhiasan Nusantara Untuk Pernikahan Adat

Pernikahan adat memang sering dipilih oleh beberapa pasangan guna melestarikan adat di daerah mereka. Dalam pernikahan adat biasanya pengantin wanita akan dipercantik dengan berapa perhiasan nusantara yang telah menjadi ciri khas daerah mereka. Apalagi indonesia kaya akan busana yang perlu untuk dilestarikan.

Dalam satunya yaitu mengusung konsep pernikahan adat sebagai cara untuk membuktikan rasa bangga akan kekayaan budaya negara indonesia. Perhiasan tradisional sendiri mempunyai desain yang sangat unik dan mewah sehingga akan membuat penampilanmu lebih elegan dan tentunya akan membuat anda lebih percaya diri.

Berikut ada beberapa ragam perhiasan nusantara yang bisa anda gunakan di pernikahan anda sesuai dengan adat daerah anda:

1. Centhung

Image result for perhiasan Centung

Chentung merupakan perhiasan khas Jogja yang mempunyai bentuk seperti gerbang. Centhung digunakan pada bagian sisi kiri dan kanan kepala pengantin wanita. Centhung yang dipasang di sisi kanan dan kiri menyimbolkan gerbang kehidupan.

2. Siangko

Image result for jual Siangko

Siangko merupakan perhiasan khas Betawi yang biasanya digunakan untuk menggantugkan cadar tali emas. Siangko sendiri terbuat dari bahan berlapis emas serta bertabur dengan intan. Siangkoan cadar ini tidak bisa dipisahkan dimana keduanya akan membuat pengantin wanita tampak cantik.

3. Siger

Image result for siger sunda

Siger merupakan perhiasan khas Sunda. Siger digunakan sebagai mahkota untuk pengantin wanita. Siger sendiri terbuat dari bahan logam dengan sanggul berhias kembang goyang, kembang tanjung, dan ronce melati.

4. Kalung panjang

Seri Tara Koye

Untuk pengantin wanita suku bugis mempunyai perhiasan yang unik yaitu kalung dengan ukuran yang besar dan panjang. Mereka juga menggunakan gelang keroncong pada bagian tangan mereka.

5. Teratai

Seri Nusa Necklace

Teratai merupakan salah satu perhiasan khas Palembang. Teratai sendiri mempunyai bentuk lingkaran dengan lima sudut dengan hiasan bunga melati bersepuh emas. Perhiasan ini biasanya digunakan sebagai penutup pundak.

6. Sunting

Image result for sunting minang

Seunting merupakan mahkota khas Minang yang mempunyai tujuh tingkat yang merupakan simbol sopan santun dan budi pekerti. Sunting digunakan oleh pengantin wanita sebagai lambang kekuatan keteguhan hati.

Demikian adalah macam-macam perhiasan nusantara yang digunakan dalam pernikahan adalah. Untuk mengetahui koleksi perhiasan tradisional bisa melihat di website  The Palace.