Berikan Nutrisi Tepat Ini untuk Anak Cerdas Anda

Cobalah untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi anak setiap hari. Apa yang anak makan akan berpengaruh pada kecerdasannya. Nah, diantara berbagai makanan ada makanan yang bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Makanan untuk otak ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsi otak, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak. Sehingga makanan berikut ini bisa membantu balita Anda menjadi anak cerdas.

anak cerdas
anak cerdas

Makanan yang Membantu Anak Cerdas

Ikan Salmon

Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, protein dan omega 3. Ikan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Mengkonsumsi ikan secara rutin bisa membuat anak jadi lebih sehat dan cerdas. Salah satu ikan yang mencerdaskan yakni ikan salmon.

Telur

Telur mengandung berbagai nutrisi yang menunjang perkembangan fisik terutama perkembangan otak anak. Telur sendiri bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Balita pun biasanya sangat suka dengan rasa telur yang gurih meski tidak digoreng dengan minyak.

Yogurt 

Makanan yang berasal dari susu dikenal punya protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.  Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak sehingga cocok untuk membantu balita Anda menjadi anak cerdas nantinya.

Kacang-Kacangan

Kacang memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks.  Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak lemak omega 3. Omega 3 adalah nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

Sayur Hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran hijau juga mengandung berbagai senyawa atau zat yang bisa mencerdaskan otak anak. Sayuran yang dipercaya bisa mencerdaskan antara lain bayam, brokoli, kangkung, dan sawi.

Bagaimana, sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa dipilih untuk mendukung perkembangan otak si kecil? Jangan lupa untuk selalu menambahkan makanan-makanan di atas ke dalam daftar menu makanan sehat anak Anda sehingga bisa membantu anak menjadi anak cerdas.