Ciri Khas Giwang Berlian Asli

Wanita sangat antusias pada semua jenis perhiasan, apalagi berlian. Perhiasan berlian pun kini hadir dengan berbagai model dan ukuran, seperti giwang atau anting, cincin, dan lain sebagainya. Untuk memilih model giwang berlian asli, selain mencari toko berlian terpercaya, Anda pun Anda harus mengenali ciri-cirinya dengan pasti. Mari kita simak beberapa ciri khas dari giwang yang asli:

  1. Tekstur Keras

Karena perhiasan yang satu ini adalah bagian dari batu alam, tentunya memiliki tekstur yang keras. Pasalnya, hanya berlian saja yang merupakan perhiasan paling keras di antara jenis perhiasan lainnya. Jadi, jika giwang berlian yang Anda beli retak maupun belah ketika terbentur ringan, maka dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

2. Terdapat Macam Warna Alami

Berlian tidak hanya populer dengan satu warna saja, yakni bening. Melainkan, perhiasan termahal ini terdapat berbagai macam warna, mulai dari kuning, pink, dan biru. Warna-warna berlian tersebut sangat langka. Jadi, Anda harus hati-hati saat penjual menawarkan berlian dengan warna-warna tersebut, karena sulit untuk membedakannya jika hanya melihat warna berlian secara kasat mata saja.

3. Tidak Rusak Meskipun Tergores Benda Apapun

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, yakni perhiasan berlian adalah bagian dari batu alam yang cukup keras. Otomatis, jika terkena goresan di permukaannya tidak akan menimbulkan bekas sedikitpun.

4. Refleksi Cermin Tidak Jelas

Jangan sampai Anda tertipu, karena berlian asli berwarna bening tidak memiliki refleksi cermin yang jelas. Jika ada yang menawarkan berlian asli, tetapi fakta nya tembus pandang, berhati-hatilah karena itu berlian palsu yang dibuat dari bahan kaca.

5. Tenggelam di dalam Air

Terakhir, jika Anda ingin memastikan berlian itu asli, coba tenggelam kan ke dalam air. Apabila berlian tersebut mengapung, berarti palsu. Sebaliknya, jika berlian tersebut tenggelam, dapat dipastikan asli.

Selain mengetahui kelima ciri-ciri giwang berlian asli tersebut, untuk memastikan keaslian nya, Anda juga perlu melakukan pengecekan lebih lanjut dengan cara di tes ke laboratorium khusus berlian.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan untuk Anda. Penjelasan lainnya tentang giwang berlian asli. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya,