Stop Menggunakan Sabun Mandi Biasa Kepada Bayi Anda

Memandikan bayi adalah rutinitas sehari-hari para orang tua. Dalam prosesnya, para orang tua harus paham peralatan apa yang boleh dan tidak boleh digunakan. Salah satunya adalah sabun orang dewasa yan

g digunakan pada bayi. Sebaiknya, gunakanlah sabun bayi anti iritasi, atau sabun bayi khusus.

Sabun orang dewasa tidak baik digunakan pada bayi. Karena, memiliki banyak kekurangan sebagai berikut:

1. Kadar pH Tidak Cocok untuk Bayi

Perbedaan antara sabun bayi dan orang dewasa terletak pada kandungan pH. Sabun bayi biasanya menggunakan kadar pH balanced. Sehingga, kandungannya sama dengan kadar pH bayi. Kadar pH yang tepat pada sabun, akan membantu menjaga kesehatan lapisan kulit si kecil.

2. Bebas dari Bahan Pewangi

Umumnya sabun untuk orang dewasa menggunakan pewangi. Beberapa di antaranya da juga yang mengandung alkohol. Kandungan tersebut tidak cocok untuk kulit bayi. Karena, kulit si kecil masih terlalu sensitif untuk terpapar bahan-bahan tersebut.

3. Menyebabkan Iritasi Pada Kulit

Sabun untuk orang dewasa dapat menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi. Hal ini disebabkan kandungannya yang tidak cocok. Maka dari itu, pastikan Anda memilih hanya jenis sabun khusus saja. Karena, sabun khusus bayi diformulasikan untuk kulit si kecil agar nyaman dan aman.

  • Usia Berapa si Kecil Boleh Menggunakan Sabun Biasa?

Sabun khusus kulit bayi sensitif adalah jenis sabun yang direkomendasikan. Lalu, umur berapa si kecil baru bisa menggunakan sabun biasa atau dewasa? Menurut penjelasan DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A, (K), bayi diperbolehkan menggunakan sabun dewasa jika jaringan kulitnya sudah tebal.

Pada saat baru menggunakannya, diusahakan untuk memilih jenis sabun mandi yang lebih ringan. Gunakan juga dalam takaran yang sedikit saja. Kemudian perhatikanlah, jika terjadi iritasi dan gatal, hentikanlah penggunaannya. Anda bisa mengkonsultasikan nya terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian penjelasan tentang pentingnya sabun khusus bayi. Untuk kesehatan anak, Anda tidak boleh coba-coba. Pastikanlah hanya produk terbaik. Salah satunya adalah produk sabun bayi dari Sleek yang sudah tersedia baik secara online maupun konvensional.