Cara Menggunakan Metode Kalender Kesuburan

Para wanita sering menggunakan metode kalender untuk mengetahui masa kesuburannya. Metode kalender tersebut digunakan berdasarkan siklus menstruasi. Siklus ini akan menentukan masa kesuburan seorang wanita. Penghitungannya berdasarkan hari pertama menstruasi sampai dengan menstruasi pertama selanjutnya di setiap bulannya.

Metode kalender haid atau kalender kesuburan bisa Anda gunakan untuk mengetahui masa subur. Penggunaan metode ini sebaiknya diawali dengan memerhatikan panjang siklus menstruasi selama 6 periode lamanya. Anda pun bisa melakukannya dengan menghitung sendiri melalui kalender biasa. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

kalender kesuburan
kalender kesuburan
  • Tandai hari pertama haid (menjadi hari 1) pada bulan pertama. 
  • Kemudian tandai hari pertama periode bulan berikutnya.
  • Hitung jumlah hari total antara setiap siklus (jumlah hari antara hari-hari pertama setiap periode).
  • Petakan hingga 6 bulan siklus, namun bila lebih lama akan jauh lebih baik.

Akan tetapi, metode ini hanya bersifat perkiraan. Karena sebenarnya tanggal ovulasi tidak dapat diketahui secara pasti. Menentukan masa subur melalui kalender kesuburan juga sebaiknya dikombinasikan dengan metode pengukuran suhu pagi. Metode ini dilakukan dengan mengukur suhu tubuh setiap bangun pagi, sebelum beraktivitas. Sebab, saat ovulasi suhu tubuh wanita akan meningkat 1-2 derajat dibandingkan hari-hari lainnya.

Untuk catatan, metode perhitungan masa subur dengan kalender kesuburan hanya dapat digunakan pada wanita dengan siklus haid yang teratur jika haid tidak teratur, maka masa subur Anda secara otomatis juga tidak teratur. Akibatnya, kemungkinan kegagalan penggunaan metode kalender dalam menunda atau mencegah kehamilan akan lebih besar pula.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sekarang ini untuk menggantikan metode ini, Anda bisa menggunakan alat tes kesuburan yang kini sudah banyak jenisnya. Alat ini memiliki tingkat akurasi yang baik dengan harga yang ekonomis. Cara penggunaan alat ini pun relatif mudah. Anda bisa membeli alat tes kesuburan di Femometer.

Femometer menyediakan banyak jenis alat pengecekan kesuburan. Dengan cara yang mudah dan hasil yang akurat.