Perhitungan Biaya Asuransi All Risk Dan TLO

Sebelum kita membahas tentang perhitungan biaya asuransi all risk dan Total Loss Only (TLO), ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa perbedaan mendasar antara asuransi all risk dengan asuransi TLO. secara harfiah Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’.

Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi.

biaya asuransi all risk
biaya asuransi all risk

Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk. Sementara itu, All Risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Asuransi ini disebut juga comprehensive atau keseluruhan. Ini berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. Hanya saja asuransi mobil All Risk, pembiayaannya lebih mahal daripada TLO. Setelah kita tahu tentang perbedaannya, saatnya kita menghitung biaya asuransi all risk dan TLO. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

  1. Misalnya, Anda memiliki mobil Toyota Avanza varian 1.3 G M/T seharga Rp 206 juta. Karena Anda ber-KTP DKI Jakarta, tentulah jika mengambil asuransi TLO, mobil Anda masuk Wilayah 2 dengan rate asuransi kategori 3 yang besarnya 0,38%-0,42%. Biaya premi yang harus Anda bayarkan adalah : 0,38% x Rp206.000.000 = Rp782.800. Sementara bila Anda mengambil asuransi All Risk dengan rate asuransi kategori 3 yang besarnya 2,08%-2,29%, premi yang harus dibayarkan adalah : 2,08% x Rp206.000.000 = Rp4.284.800
  2. Besaran biaya premi asuransi TLO ataupun All Risk di atas nantinya masih ditambah dengan biaya administrasi, biaya polis, materai, dan biaya lainnya. Berdasarkan perhitungan di atas, premi asuransi All Risk lebih besar daripada TLO. Anda perlu menyediakan dana lebih besar kalau ingin mendapatkan polis asuransi mobil All Risk.

Bagi anda yang ingin memperoleh layanan perlindungan maksimal dengan biaya asuransi all risk yang relatif murah dan terjangkau, anda bisa memilih asuransi all risk dari Autocillin. Saat ini, Autocillin dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, seperti Emergency Roadside Assistance, dan fitur layanan seperti Autocillin Mobile Claim Application, serta Autocillin Mobile Service agar secara terus menerus dapat memberikan pelayanan terbaik dengan proses yang simple.