4 Manfaat Mengetahui Usia Janin

Bunda, kehamilan merupakan saat yang ditunggu banyak wanita sudah menikah. Tidak semua wanita langsung mengalaminya. Bahkan ada beberapa yang harus menunggu bertahun-tahun dan tidak pernah mendapatkan. Bidan Sela, bidan sela mengatakan, bahwa proses kehamilan sendiri bukanlah hal yang mudah. Banyak hal harus diperhatikan, khususnya usia dari janin itu sendiri.

Mungkin bagi beberapa masyarakat ada yang merasa tidak perlu mengetahui usia kehamilan dan perkembangan janin. Menunggu saja saatnya melahirkan dan merawat kehamilan sebaik mungkin. Padahal, mengetahui umur kehamilan sangat perlu. 

Apa saja manfaat mengetahui usia janin selama masa kehamilan? Simak uraian berikut.

1. Memberi Asupan Gizi yang Tepat

Usia kehamilan biasanya dihitung berdasarkan hari atau tanggal haid terakhir. 

Saat itu, janin dalam kandungan sudah mulai berkembang. Dengan mengetahuinya, Bunda akan lebih tahu asupan tepat yang harus dikonsumsi. 

Misalnya, saat janin yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan otak, usia di atas 6 bulan. Bunda harus banyak mengkonsumsi asam folat.

2. Ibu dapat Beraktivitas Sesuai yang Diperbolehkan

Tidak semua kehamilan mudah dijalani. Saat kehamilan Bunda baru memasuki usia 0 – 3 bulan misalnya. Bunda harus sudah mulai mengurangi kegiatan. Apalagi Bunda yang mengalami “morning sick”, di mana sulit sekali makan. Kandungan belum kuat.

Semakin besar usia kehamilan juga Bunda akan semakin lelah. Namun, aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki di sekitar rumah dianjurkan. Aktivitas ini akan membantu memperlancar kelahiran.

Itu sebabnya usia kehamilan penting diketahui.

3. Mengetahui Hari Perkiraan Lahir

Perawat, dokter kandungan, atau bidan biasanya akan memperkirakan waktu lahir dengan mengetahui usia janin. Mereka akan berusaha agar Bunda dapat melahirkan di kisaran waktu tersebut.

Jika kurang dari kisaran waktu yang ditetapkan khawatir bayi yang lahir belum siap, berat badan bayi lahir rendah. Sementara jika waktu sudah berlebihan, dikhawatirkan bayi terlalu besar, kelahiran kurang lancar, dan asupan gizi sudah tidak cukup.

4. Mempersiapkan Kebutuhan Bayi

Dengan mengetahui perkiraan bayi akan lahir, Bunda dapat mencicil persiapan kebutuhan bayi dan kelahirannya. Ini akan lebih mudah dibandingkan dilakukan secara mendadak.

Itulah 4 manfaat mengetahui usia janin. Jangan lupa untuk mengontrol kehamilan secara teratur ke rujukan kesehatan terdekat ya Bunda!