5 Ide Jenis Permainan Anak Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Meskipun di rumah, ibu dapat bekerja di rumah atau menjadi ibu rumah tangga yang sebenarnya. Terkadang ibu kewalahan menjalankan tugasnya antara mengurus rumah atau bekerja di rumah dengan mengurus anak. Untuk itu ide permainan yang dapat menyibukkan anak tanpa campur tangan ibu pun menjadi pilihan tepat.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan selain ibu dapat mengerjakan tugas sendiri di rumah adalah dapat merangsang kreativitas anak. Langsung saja, yuk simak 5 ide jenis permainan anak yang dapat dilakukan di rumah berikut ini:

jenis permainan anak
jenis permainan anak

(source:https://cdn.popmama.com/content-images/post/20190919/img-19092019-195917-800-x-420-piksel-348df6d6c18726aa0dece5908a340850_600xauto.jpg)

1. Permainan Imajinasi

Sudah menjadi rahasia lagi bahwa anak-anak sering sekali menggunakan imajinasinya ketika bermain, entah bermain sendiri atau bersama teman-temannya. Jenis permainan anak imajinasi dapat membuat anak berpetualang dengan imajinasinya sendiri.

Untuk anak yang usianya masih kecil, biasanya menggunakan barang-barang disekitar untuk mendukung imajinasinya. Namun lain halnya untuk anak yang usianya sudah lumayan besar, dia akan berimajinasi melalui gambar atau tulisan.

2. Permainan Edukasi

Bermain sekaligus mengedukasi anak tentu menjadi pilihan tepat untuk menemani anak bermain kala di rumah. Permainan edukasi ini dapat ibu sesuaikan dengan usia anak, sehingga anak menikmati dan tidak mengeluh. Beberapa contoh permainan edukasi adalah puzzle, kartu dan balok. 

3. Kreasi Seni

Anak-anak biasanya akan mudah tertarik jika menyangkut pernak-pernik barang yang asing bagi mereka. Tidak ada salahnya untuk mengenalkan berbagai alat warna misalnya krayon, kertas lipat, pensil warna, lem, cat dan sebagainnya. Ibu dapat memandu mereka pada awal-awal permainan kemudian barulah biarkan mereka berkreasi sendiri.

4. Membaca Buku

Meskipun ide jenis permainan anak keempat ini terkesan berat dan membosankan bagi anak-anak, namun dapat mencobanya. Pertama-tama ibu harus mengetahui kecenderungan anak lebih ke dalam hal apa.

Kemudian baru carilah buku yang sesuai dengan kesukaan anak, karena anak masih kecil, sebaiknya carilah buku yang bergambar. Jika anak sudah menikmati sesi membaca buku, maka anak tenggelam dan menikmatinya tanpa mengganggu ibu yang sedang melakukan pekerjaan di rumah.