Susu Formula untuk Anak 1 Tahun

Sudah tidak diragukan lagi,  ASI sangat bermanfaat bagi bayi baru lahir hingga anak berusia dua tahun. ASI menyediakan berbagai nutrisi, vitamin, enzim, dan imun yang sangat bermanfaat bagi anak Anda. Mungkin sebagian orang merasa aneh melihat anak umur satu tahun yang masih minum ASI.

Hal ini karena anak umur satu tahun terlihat sudah besar, bisa berjalan, dan sebagian besar sudah terampil makan makanan padat. Meskipun demikian, anak umur satu tahun masih memerlukan susu bagi pertumbuhannya yang bisa dipenuhi baik dari ASI maupun susu formula anak 1 tahun.

susu formula anak 1 tahun
Susu formula anak 1 tahun

Sebagian orang  meyakini bahwa sebenarnya ASI saja sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi anak umur satu tahun yang sudah bisa makan makanan padat. Namun, banyaknya promosi dan pemberitaan tentang kehebatan susu formula tidak jarang membuat orang tua, mungkin termasuk Anda, bertanya-tanya apakah perlu buah hati mendapat tambahan asupan susu formula.

Kapan sebenarnya saat yang tepat anak umur satu tahun minum susu formula? Simak uraian berikut ini.

  • Payudara Lunak Setelah Menyusui

Cobalah memegang payudara Anda, bila terasa lunak dan kosong maka si kecil tidak terlalu banyak mendapat asupan ASI. Kondisi semacam ini bila dibiarkan terlalu lama akan membuat si kecil makin kurus .

  • Anak Rewel dan Lesu Sepanjang Waktu

Anak rewel memang tidak selalu karena lapar. Akan tetapi, kandungan nutrisi yang kurang terpenuhi dalam makanannya bisa menjadi pemicu kerewelannya. Anak mungkin saja perutnya kenyang, tetapi apakah sudah cukup vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi sudah terpenuhi? 

  • Penurunan Berat Badan Anak Sangat Signifikan

Bila anak sakit atau baru sembuh dari sakit, bisa saja terlihat kurus karena penurunan berat badan yang signifikan. Dalam kondisi seperti ini, minum susu formula sangat dianjurkan.

  •  Sulit Makan

Pada saat anak umur satu tahun sulit sekali makan makanan padat, padahal segala upaya sudah dilakukan maka minum susu formula bisa menjadi pilihan.

Demikian empat kondisi yang menyebabkan anak usia satu tahun sebaiknya mengkonsumsi susu formula. Meskipun demikian, orang tua hendaknya berhati-hati dan terus berusaha agar jumlah susu yang diberikan tidak lebih banyak dari jumlah makanan padat. Jangan lupa membiarkan susu formula anak 1 tahun yang berkualitas agar anak sehat dan kuat.