Mainan untuk Stimulasi Anak 1 Tahun

Mainan merupakan salah satu alat stimulasi yang paling efektif bagi si Kecil di usia 1 tahun. Pasalnya, si Kecil di usia balita atau batita masih sangat suka bermain dengan mainannya.

Namun Mam juga perlu cermat dalam memilih mainan yang sesuai dengan usia si Kecil. Dengan begitu, perkembangan dan pertumbuhan si Kecil bisa berjalan optimal sesuai usianya. Berikut ini ada beberapa mainan yang bisa bermanfaat untuk stimulasi anak 1 tahun:

stimulasi anak 1 tahun
Stimulasi anak 1 tahun

Bola Warna-Warni

Bermain dengan bola warna warni menjadi keseruan tersendiri bagi si Kecil. Ketika berusaha melempar atau menangkap bola, si Kecil akan berlatih mengasah keterampilan motoriknya. Mam bisa ikut bermain agar mereka semakin senang.

Mainan Mencocokkan Bentuk

Mainan untuk stimulasi anak 1 tahun selanjutnya adalah mainan mencocokkan bentuk. Ada banyak bentuk yang biasanya tersedia, misalnya seperti oval, bulat, bintang, segitiga, dan lain sebagainya. Si Kecil dituntut untuk memasukkan bentuk ke dalam lubang sehingga mereka akan belajar cara memecahkan masalah.

Puzzle dengan Potongan Besar

Puzzle merupakan mainan yang memiliki banyak sekali model dan bentuk. Untuk anak 1 tahun, Mam bisa mencarikan puzzle dengan potongan besar sehingga si Kecil mudah memainkannya. Beberapa manfaat bermain puzzle diantaranya yaitu mendorong koordinasi mata dan tangan serta keterampilan visual.

Lego

Pada umumnya anak usia 1 tahun akan menyusun, menghancurkan, kemudian menyusun lagi. Proses ini ternyata cukup penting dalam mengasah kreativitas si Kecil dalam membuat bentuk sesuai keinginannya.

Board Book

Board book terbuat dari karton tebal sehingga tidak mudah rusak meskipun dimainkan oleh si Kecil. Ada foto dan ilustrasi sederhana yang membantu si Kecil belajar sejak dini. Disamping itu, ilustrasi dan foto tersebut juga bisa menarik minat si Kecil.

Itulah beberapa mainan untuk stimulasi anak 1 tahun yang bisa Mam berikan pada si Kecil. Selain memberikan stimulasi, Mam juga perlu memberikan nutrisi yang lengkap dalam bentuk makanan dan susu pertumbuhan.

Wyeth Nutrition menghadirkan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yaitu S-26 Procal GOLD. Langsung kunjungi website wyethnutrition.co.id untuk mengetahui lebih lengkap mengenai S-26 Procal GOLD.