Cara Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah yang Tepat

Membuat rumah adalah salah satu progres panjang yang memakan biaya cukup besar. Untuk itulah Anda harus membuat estimasi biaya bangun rumah di awal. Ada banyak manfaat dan keuntungan jika Anda menggunakannya. Agar tidak salah dalam membuat estimasi, berikut kami jelaskan cara-caranya:

1.  Hitung Biaya Semen dan Berapa Besar Kebutuhannya

Penggunaan semen dalam pembuatan rumah bisa dikatakan cukup banyak. Karena, dari awal pembuatan pondasi, hingga tahap akhir yaitu finishing, semen terus digunakan. Artinya, Anda harus mempersiapkan jumlah semen yang dibutuhkan, mulai dari jumlah dan harganya.

Estimasi biaya bangun rumah
Estimasi biaya bangun rumah

2.  Hitung Lahan dan Kebutuhan Batu Bata Merah

Silahkan Anda hitung terlebih dahulu ukuran lahan yang akan dibuat menjadi sebuah rumah. Setelah itu, silahkan hitung berapa kebutuhan batu bata untuk dindingnya. Harga batu bata merah saat ini  berkisar Rp7.000 hingga Rp8.000. Silahkan totalkan dengan kebutuhan Anda.

3.  Hitung Kebutuhan Besi dan Baja Ringan

Besi digunakan untuk membuat pondasi beton rumah. Selain itu, digunakan juga untuk kebutuhan lainnya. Sementara baja ringan, saat ini sudah digunakan untuk pembuatan atap. Silahkan Anda hitung, kemudian survey harganya. Catat dan jumlahkan berapa nominal yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini.

4.  Hitung Jumlah Kayu dan Harganya

Kayu hingga saat ini masih tetap digunakan untuk kebutuhan pembuatan rumah. Kayu juga biasa digunakan untuk atap. Selain itu, kayu juga digunakan untuk berbagai pembuatan hal-hal lain seperti jendela, pintu, dan masih banyak lainnya. Tidak semua jenis kayu sama harganya. Jadi, silahkan Anda tentukan jenis dan harganya.

5.  Hitung Kebutuhan Paku

Meskipun ukurannya kecil, tapi peranannya sangat penting dalam pembuatan rumah. Bahkan, pembuatan rumah biasanya memerlukan berbagai jenis paku dalam jumlah besar. Jadi, silahkan hitung terlebih dahulu kemudian totalkan berapa biaya yang diperlukan untuk penggunaan paku.

6.  Material Untuk Pembuatan Atap

Umumnya, material pembuatan atap yang sering digunakan adalah genting. Silahkan hitung berapa genteng yang diperlukan kemudian totalkan harganya. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya tukangnya.

Nah, itulah cara membuat estimasi biaya bangun rumah yang perlu diperhatikan. Untuk Anda yang berencana membuat rumah, pilihlah jenis semen terbaik dari Semen Tiga Roda.