Mengenal Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1

Dewasa ini ada banyak sekali program pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Salah satunya adalah ekstensi D3 ke S1 yang saat ini kepopulerannya kian melonjak. Pasalnya, program ini memiliki banyak keuntungan dan juga peluang bagi para pelajar yang ingin meraih gelar S1.

Nah, di sini, kami akan menjelaskan terkait program tersebut secara detail. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui program tersebut sebelum mengikutinya.

Apa Itu Program Ekstensi S1?

Program ekstensi ini, diperuntukkan bagi para mahasiswa yang sudah lulus D3, dan ingin mengejar gelar S1. Sederhananya, program ekstensi merupakan program lanjutan agar agar lulusan D3 bisa mendapatkan gelar tersebut.

ekstensi D3 ke S1
ekstensi D3 ke S1

Saat ini, banyak lembaga pendidikan yang sudah menawarkan program ini. Dengan begitu, tidak sulit bagi para lulusan D3 untuk bisa mewujudkannya. Selain itu, untuk mengikutinya pun tidaklah sulit. Anda bisa langsung mendaftar dan mengikutinya langsung di lembaga terkait.

Apa yang Harus Disiapkan?

Untuk melanjutkan pendidikan menuju S1, lulusan D3 harus mempersiapkan diri mengikuti jenjang pendidikan program ekstensi. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah fakultas yang akan dipilih.

Lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1, tidak boleh sembarangan memilih fakultas atau jurusan. Pastikan jurusan yang dipilih sesuai dengan yang diambil di program D3. Karena, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ekstensi merupakan program lanjutan. Jadi, Anda harus melanjutkan jurusan sebelumnya.

Jika memilih fakultas yang berbeda, maka Anda harus mengulangnya dari awal. Jadi, yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah memilih jurusan. Pastikan universitas atau lembaga pendidikan yang Anda pilih memiliki jurusan sesuai dengan yang diambil saat D3.

Keuntungan Mengikuti Program Ekstensi

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengikuti program tersebut. Adapun keuntungan-keuntungannya di antaranya seperti:

1.  Mendapatkan Gelar S1 Tanpa Harus Mengulang

Lulusan D3 bisa mendapatkan gelar S1 tanpa harus mengulang dari awal. Anda hanya perlu mengikuti program ekstensi ini dan melanjutkannya. Dengan begitu, mendapatkan gelar S1 kini menjadi semakin mudah dan juga tidak memakan waktu yang lama.

2.  Biaya Lebih Murah

Karena tidak mengulang dari awal, biaya yang dikeluarkan pun tentu jauh lebih murah. Namun, masing-masing lembaga pendidikan umumnya memiliki harga-harga yang berbeda sesuai dengan  lembaga pendidikan terkait.

3.  Banyak Ketersediaan Fakultas

Ada banyak fakultas yang memungkinkan Anda untuk bisa mengikuti program ini. Silahkan survey terlebih dahulu universitas dan juga fakultas yang tersedia pada lembaga pendidikan yang Anda  pilih.

4.  Banyak Ketersediaan Universitas

Selain fakultas, ketersediaan universitas yang menyediakan program ini pun kini sudah semakin banyak. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan program S1 tanpa harus bingung lagi.

Tips Memilih Universitas

Nah, untuk Anda yang berencana mengikuti program ekstensi, pastikan Anda memilih universitas yang tepat. Nah, berikut kami jelaskan tipsnya kepada Anda.

  1. Pilih universitas yang menyediakan program ekstensi.
  2. Pastikan universitas yang dipilih juga memiliki fakultas yang sama dengan yang diambil pada saat lulus D3.
  3. Pilih universitas terdekat dan memiliki kredibilitas baik.
  4. Pastikan mata kuliahnya lengkap agar program yang diambil sesuai dengan harapan dan keinginan.
  5. Memiliki tenaga pengajar yang berkualitas.

Kesimpulan

Program ekstensi merupakan salah satu cara terbaik untuk melanjutkan pendidikan D3 ke S1. Saat ini, program tersebut bisa didapatkan dengan mudah karena banyaknya ketersediaan universitas yang menyediakannya.

Demikian informasi seputar program ekstensi D3 ke S1 yang wajib diketahui oleh lulusan D3 yang ingin mengejar gelar S1. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda.