Tips Ajukan Kredit Rumah Syariah Agar Disetujui Bank

Kredit pemilikan rumah syariah merupakan salah satu produk yang dihadirkan oleh Islamic Bank atau bank syariah untuk nasabahnya. Sesuai namanya, konsep yang digunakan berbasis syariah sehingga menguntungkan para muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia. Meskipun memiliki konsep syariah namun tidak semua pengajuan kredit rumah syariah akan disetujui. Bank pasti tetap akan melakukan pertimbangan sehingga tidak akan memberatkan kedua belah pihak. Berikut ini adalah tips yang harus Anda perhatikan agar kredit disetujui bank:

Perhatikan Syarat Usia

Anda harus masuk dalam batas usia yang ditetapkan bank untuk mendapatkan kredit kepemilikan rumah. Biasanya batas usia yang ditetapkan bank yaitu antara 21 hingga 55 tahun. Namun ada juga bank yang memperbolehkan nasabah berusia maksimal 65 tahun untuk mengajukan kredit. Jika Anda masih berusia di bawah 21 tahun di atas 55 tahun maka pengajuan pasti akan ditolak bank.

kredit rumah syariah
kredit rumah syariah

Lengkapi Persyaratan Dokumen

Layaknya pembiayaan lainnya, kredit rumah syariah juga mengharuskan Anda untuk mengumpulkan dokumen persyaratan. Beberapa dokumen yang harus dikumpulkan diantaranya yaitu KTP, KK, NPWP, slip gaji atau rekening koran, dan lain sebagainya. Pastikan tidak ada persyaratan tertinggal agar proses pengajuan berjalan cepat.

Pastikan BI Checking Bersih

BI Checking merupakan proses pengecekan riwayat kredit Anda sebelumnya. Tujuan dari proses ini yaitu untuk mengetahui riwayat kredit Anda bersih atau bermasalah. Riwayat kredit yang bermasalah memiliki risiko penolakan. Sebaliknya riwayat kredit yang bersih akan mudah disetujui.

Memiliki Bukti Penghasilan

Bukti penghasilan merupakan dokumen paling penting yang dibutuhkan oleh bank untuk mengetahui kemampuan Anda. Jika karyawan maka dokumen bisa berupa slip gaji, sedangkan pengusaha dokumen bisa berupa rekening koran tiga bulan terakhir. Apabila bukti penghasilan dengan rumah yang dipilih sesuai dan bank merasa Anda mampu maka pengajuan akan cepat diterima.

Itulah tips pengajuan kredit rumah syariah agar cepat disetujui oleh bank yang Anda pilih. Jangan lupa memilih bank yang kredibel seperti Bank Danamon. Akad yang digunakan pada produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah iB adalah Musyarakah Mutanaqisah atau MMQ. Sedangkan tujuan pembiayaan bisa beragam. Langsung saja kunjungi website danamon.co.id dan lakukan pengajuan secara online melalui website tersebut.