Desain Dapur yang Nyaman Untuk Keluarga

Dapur merupakan ruangan yang harus ada dalam sebuah tempat tinggal. Biasanya dapur difungsikan sebagai tempat masak dan tempat makan, tapi dewasa ini dapur menjadi sebuah ruangan sekaligus inti dari sebuah tempat tinggal dengan desain yang mengikuti perkembangan gaya hidup. Dewasa ini banyak sekali orang yang mengkreasikan ruang tersebut dengan desain dapur yang nyaman untuk keluarga. 

Memiliki dapur idaman yang cantik tidak berarti harus hobi memasak. Memiliki ruang memasak dan makan dengan desain dapur yang nyaman tentu saja menjadi idaman bagi semua orang. Selain menjadi tempat memasak dan menyantap hidangan, terkadang dapur juga menjadi ruang menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. 

Pemilihan dekorasi dan tempat penyimpanan di dapur juga dapat mempengaruhi keindahan dan tingkat kenyamanan dalam ruangan tersebut. Maka dari itu hal utama yang harus kamu perhatikan dalam sebuah dapur yaitu kerapihan dan dekorasinya. Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu gunakan untuk desain dapur yang nyaman untuk keluarga.

  • Menggunakan rak gantung

Yang pertama yaitu kamu bisa menggunakan rak gantung agar dapur terkesan lebih luas dan rapih dengan menata berbagai macam peralatan dapur secara rapih. Kelompokkan dan tata peralatan pada rak gantung, tumpuk pada ketinggian yang sama dan juga alat masak yang serupa.

Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan beberapa pajangan atau pun hiasan yang kamu suka agar dapur lebih terlihat indah dan terkesan sangat personal.

  • Rak pajangan dan buku

Kemudian kamu juga bisa meletakkan sebuah rak pajangan dan buku dengan bentuk menanjak atau seperti tangga pada sudut dapur. Dengan mendekorasi ruang dapur seperti ini kamu bisa membuat dapur terkesan lebih rapih dan elegan. Kamu bisa meletakkan berbagai macam bahan bacaan baik majalah resep, ataupun bahan bacaan lainnya untuk kamu baca sambil menunggu masakan matang.

  • Dapur hitam
desain dapur yang nyaman
desain dapur yang nyaman

Kamu juga bisa menerapkan konsep dapur dengan cat warna hitam sehingga ruangan tersebut bisa memberikan kesan elegan pada tempat tinggal kamu. Dan warna hitam pada dapur ini sangat cocok buat kamu yang sedang menjamu tamu dengan cocktail. Tentu bisa menambahkan kesan yang elegan pada tempat tinggal kamu.

  • Dapur dengan cat warna jingga

Warna cat memang sangat bisa mempengaruhi suasana pada sebuah ruangan. Mulai dari warna-warna yang agak gelap dapat memberikan kesan elegan hingga warna-warna agak cerah atau terang yang dapat memberikan kesan hangat, nyaman, dan ceria.

Seperti misalnya warna jingga yang bisa kamu jadikan sebagai warna dapur kamu. Dengan warna jingga ini maka dapur akan terasa lebih nyaman untuk dijadikan tempat memasak dan menyantap hidangan bersama keluarga. Selain jingga kamu juga bisa memilih warna lain yang sesuai dengan karakter kamu sehingga dapur bisa terasa lebih personal. 

  • Kursi bar pada dapur

Dan, yang terakhir yaitu kamu bisa mendekorasi ruang dapur dengan menggunakan meja dan kursi bar pada dapur kamu. Ukuran standar meja bar yaitu sekitar 90 cm -120 cm. Dengan menggunakan meja dan kursi bar seperti ini maka menyantap hidangan masakan pun akan terasa lebih nikmat dengan posisi duduk yang baik.

Demikianlah sejumlah tips yang bisa kamu gunakan untuk mendekorasi ruang dapur agar kamu bisa lebih  nyaman untuk memasak hingga menyantap hidangan di dapur. Jangan sampai salah dalam memilih mulai dari peralatan hingga dekorasi dapur. Belilah peralatan dapur seperlunya hingga kamu tidak perlu repot menata banyak barang.