Bingung Membedakan Cincin Berlian Asli Atau Palsu?

Perhiasan adalah sahabat wanita karena memang tidak pernah ketinggalan untuk melengkapi penampilannya. Namun demikian, bukan berarti laki-laki tidak boleh memakai perhiasan. Laki-laki juga sering mengenakan perhiasan seperti cincin atau gelang, namun memang perhiasan untuk laki-laki tidak sebanyak seperti yang digunakan untuk wanita. Cincin merupakan perhiasan yang paling banyak digunakan oleh laki-laki dan perempuan karena bentuknya yang sederhana. Cincin berlian asli dan palsu terkadang sulit untuk dibedakan sehingga Anda harus teliti sebelum membelinya.

Cincin berlian asli
Cincin berlian asli

Ciri Berlian Palsu

Anda harus lebih teliti ketika akan membeli perhiasan berlian karena harganya yang sangat mahal. Selain itu, banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang berusaha memalsukan berlian tersebut. Di bawah ini adalah ciri-ciri berlian palsu.

Murah

Hal yang paling mudah untuk mengetahui berlian tersebut palsu yaitu dari harga yang ditawarkan. Anda jangan tergiur dengan harga yang sangat murah karena sudah sewajarnya berlian memiliki harga yang mahal.

Berlian merupakan batu mulia yang sangat jarang dan sulit ditemukan sehingga membuat harganya sangat mahal. Selain itu, harga berlian yang mahal juga disebabkan proses pembuatannya yang rumit dan memerlukan ketelitian yang sangat tinggi.

Berembun

Anda dapat mengetahui keaslian berlian dengan mengamati embun pada permukaan berlian tersebut. Cara ini cukup mudah yaitu dekatkan berlian ke mulut Anda lalu hembuskan nafas. Perhatikan uap air yang menempel pada permukaan berlian tersebut. Jika uap air atau embun tersebut tidak menghilang maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu.

Berlian asli memiliki sifat menyerap panas karena terbentuk dari tekanan dan panas perut bumi selama ratusan tahun. Dengan demikian, jika Anda menghembuskan nafas pada permukaan berlian asli maka uap air tersebut akan segera kering. 

Mudah Tergores

Tes sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui berlian tersebut palsu yaitu menggoreskan berlian pada permukaan benda yang kasar. Perhatikan permukaan berlian yang sudah digores tersebut karena jika terdapat goresan maka itu tandanya berlian tersebut palsu.

Berlian asli sangat kuat tahan goresan dan tidak mudah hancur. Jika Anda menggoreskan berlian asli pada permukaan yang kasar maka Anda tidak akan mendapati bekas goresan pada permukaan berlian tersebut. Tempaan panas bumi selama ratusan tahun membuat berlian menjadi batu yang sangat keras.

Terlalu Bersih

Gunakan kaca pembesar atau alat khusus untuk mengetahui keaslian berlian. Berlian asli sekalipun masih memiliki kecacatan atau inklusi. Namun, untuk berlian dengan kualitas tinggi akan memiliki kecacatan yang tidak terlalu banyak.

Sebaliknya, jika Anda mendapati berlian yang terlihat sangat bersih dan sempurna maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu. Hal ini juga menjadi ciri umum dari berlian palsu atau imitasi. Sedangkan berlian asli terbentuk dari proses alamiah sehingga akan tetap memiliki kecacatan. 

Inspirasi Cincin Berlian

Laki-laki juga dapat tampil menawan dengan tambahan perhiasan yang dikenakan. Selain cincin pernikahan, Anda juga dapat menggunakan cincin dengan model yang lebih maskulin sehingga terlihat lebih gagah dan berwibawa. Gambar di atas merupakan salah satu koleksi cincin berlian pria dari Mondial Jeweler.

Desain cincin diatas sangat sederhana karena menggunakan emas putih dan mata berlian yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk Anda yang tidak ingin terlihat mencolok. Selain itu, cincin tersebut juga lebih tebal sehingga memberikan kesan kuat dan tangguh. Anda dapat menggunakan perhiasan ini untuk sehari-hari atau menghadiri acara-acara formal.