Pentingnya Lactobacillus Reuteri Pada Susu Untuk Bayi 1 Tahun

Ada banyak sekali jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan anak di dunia ini, khususnya untuk kesehatan pencernaan anak. Salah satunya adalah lactobacillus reuteri. Manfaat lactobacillus reuteri tersebut bisa didapatkan dengan memilih susu untuk bayi 1 tahun ke atas yang mengandung probiotik.

Susu merupakan salah satu pilihan paling tepat dan mudah untuk dijadikan sumber probiotik terutama lactobacillus reuteri, karena susu dapat diminum oleh anak setiap harinya. Selain itu, kandungan vitamin, protein, kalsium dan serat pangan pada susu juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Peran bakteri ini dalam kesehatan saluran cerna anak, juga dapat mendukung pertumbuhan anak dengan memaksimalkan penyerapan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Lalu apa saja nih peran penting bakteri baik lactobacillus reuteri untuk kesehatan anak, berikut penjelasan lengkapnya:

Mencegah dan Mengatasi Konstipasi Pada Anak

Konstipasi atau sembelit pada anak terjadi ketika frekuensi buang air besar pada anak berkurang drastis dari biasanya. Jika dibiarkan kondisi ini akan berakibat buruk bagi kesehatan anak.

Nah, menurut uji klinis bakteri baik lactobacillus reuteri terbukti secara efektif mencegah dan mengatasi konstipasi pada anak.

Mencegah dan Membantu Mengobati Diare Akut Pada Anak

Sebagai bakteri baik dengan peran utama di saluran pencernaan anak, lactobacillus reuteri terbukti secara klinis membantu masalah pencernaan fungsional pada anak.

Tak hanya itu, penelitian juga membuktikan bakteri baik lactobacillus reuteri mampu membantu mengobati diare akut pada anak termasuk diare yang disebabkan oleh rotavirus yang dapat mengakibatkan diare parah dan dehidrasi.

Berperan Dalam Kebahagiaan Anak

Menurut Dr. Ryan Carvalho dari The Ohio State University College of Medicine, selain bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan anak, lactobacillus reuteri juga berperan dalam kebahagiaan anak. 

Kebahagiaan pada anak ini, bisa dihubungkan dengan kondisi kesehatan pencernaan yang prima yang diperoleh dari lactobacillus reuteri.

Membantu Mengatasi Kondisi Kolik Pada Anak

Penelitian lain juga menemukan bahwa efek anti-inflamasi yang dihasilkan oleh bakteri baik lactobacillus reuteri juga dapat membantu mengatasi kondisi kolik pada anak.

Kondisi kolik merupakan kondisi di mana anak menangis terus menerus dan sulit ditenangkan. Salah satu probiotik yang mampu menurunkan durasi menangis anak pada saat kolik adalah bakteri baik lactobacillus reuteri.

Nah Moms, begitu banyak manfaat penting yang dihasilkan oleh bakteri baik lactobacillus reuteri. Pastikan Si Kecil di rumah mendapatkannya dalam  jumlah yang cukup untuk menjamin kesehatan pencernaan dan juga pertumbuhannya.