Mutiara Bisa Jadi Kado Terbaik, Berikut Cara Merawatnya

Mutiara merupakan perhiasan yang menunjang penampilan para wanita. Tidak jarang para wanita rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli mutiara. Bagi yang memiliki pasangan, terkadang pasangan mereka memberikan mutiara sebagai kado mulai dari kado anniversary, ulang tahun, atau lainnya. Namun jika tidak dirawat, mutiara yang memiliki harga mahal itu akan cepat rusak dan kilaunya memudar. Kamu tidak ingin jika hadiah dari orang tersayang terbuang sia-sia karena tidak dirawat. Selain sebagai perhiasan, mutiara juga bisa menjadi investasi, namun bila kualitasnya buruk harganya juga akan turun.

Mutiara adalah perhiasan yang membutuhkan perawatan khusus, karena mutiara sangat rentan tergores dan memudar bila terkena zat kimia lain. Sangat penting untuk memperhatikan kualitas mutiara agar tetap bagus. Biasanya kita membawa perhiasan mutiara kita ke toko mutiara untuk dibersihkan dan dirawat. Namun tidak semua orang punya waktu untuk ke toko perhiasan setiap saat. 

Lalu bagaimana cara merawat mutiara? Sebaiknya kamu membersihkan mutiara secara teratur setelah memakainya untuk membersihkan kotoran yang menempel. Cukup gunakan kain yang lembut dengan menggunakan pembersih khusus mutiara. Jika tidak mempunyai pembersih mutiara, cukup gunakan air biasa dan lap dengan kain lembut. Setelah selesai membersihkan, keringkan mutiara dengan meletakkannya pada permukaan datar. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan sinar matahari, letakkan mutiara pada temperatur ruangan.

kado anniversary

Jangan pernah menggunakan baking soda atau bahan yang mengandung amonia untuk membersihkan mutiara kamu. Hindari penggunaan alat pembersih yang bukan khusus membersihkan perhiasan, hindari pula menggosok menggunakan sikat kasar. Karena amonia dan sikat kasar akan menyebabkan permukaan mutiara rusak atau tergores. Hindarkan perhiasan mutiara kamu dari parfum, hairspray, atau pengharum ruangan. Karena bahan-bahan tersebut mengandung alkohol yang dapat membuat warna mutiara pudar dan merusak permukaannya. 

Simpan mutiara ditempat yang menjaga kelembaban, hindari dari ruangan yang panas atau sinar matahari langsung. Menyimpan mutiara di ruang ber AC secara terus menerus juga tidak dianjurkan. Jangan meletakkan perhiasan mutiara dekat barang-barang elektronik, karena barang elektronik dapat memancarkan panas yang bisa merusak mutiara. 

Tali pada kalung mutiara kamu sebaiknya diganti setahun sekali, karena tali pada kalung akan kotor, aus, meregang, dan mudah putus jika tidak pernah diganti. Copot mutiara dari talinya dan letakkan pada tempat khusus agar mutiara tidak berceceran. Gunakan tali baru yang kuat dan pastikan membuat simpul di ujung tali dan di antara mutiara. Fungsinya untuk menahan mutiara tidak jatuh sekaligus dan berceceran ketika talinya putus. Jika kamu kesulitan memasang mutiara pada talinya, sebaiknya kunjungi toko perhiasan atau suruh orang yang sudah ahli.

karena mutiara yang kuat sekalipun akan rusak bila tidak dirawat, sebaiknya simpan perhiasan mutiara kamu pada tempat khusus. Jangan mencampur dan menumpuk perhiasan kamu untuk menghindari resiko tergores. Sekarang sudah banyak tempat penyimpanan perhiasan yang memiliki banyak kompartemen agar memudahkan menyimpan perhiasan. Gunakan tempat yang terbuat dari bahan lembut untuk menyimpan mutiara kamu. Sesekali keluarkan mutiara dari tempat penyimpanan jika sudah tidak dipakai dalam waktu lama. Fungsinya agar mutiara sesekali bernafas dan tetap terjaga dari kelembaban.

Perhiasan mutiara memiliki daya tarik yang sangat indah, namun jika mutiara tidak terawat, keindahan tersebut akan memudar dan malah membuat mutiara terlihat buruk. Pastikan tetap menjaga perhiasan kamu terutama jika itu merupakan hadiah atau kado terbaik dari pasangan kamu.