Sejarah di Balik Cincin Berlian Wanita Sebagai Simbol Pertunangan

Bila seorang lelaki tengah memilih cincin lantas mempersembahkan model cincin berlian wanita pada kekasihnya. Hampir sebagian masyarakat langsung menganggap bahwa perhiasan tersebut merupakan ikatan cinta bagi mereka berdua. Tidak heran, bila cincin berlian pun identik dengan hubungan pertunangan. Bagaimana menurut Anda? Apakah sepakat dengan pendapat yang berlaku di tengah masyarakat?

Sejarah Cincin Berlian Wanita Sebagai Cincin Pertunangan 

Berlian kerap dimaknai sebagai bukti kesungguhan hati seorang lelaki terhadap pujaan hati. Kaum Adam ini rela berkorban untuk membeli sebentuk cincin berlian lantas mengikat kekasihnya dalam ikatan pertunangan. Bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai cincin kawin bertahta berlian. Rupanya ada sejarah di balik fenomena cincin berlian ini.

Cincin Tunangan Mary of Burgundy

Permata yang tidak bisa dihancurkan ini sudah sangat lama dikenal dalam dunia perdagangan. Namun perannya sebagai cincin pertunangan mulai dikenal semenjak tahun 1477. Hal ini disebabkan oleh Archduke Maximilian dari negara Austria yang menggunakannya sebagai cincin pertunangan. Archduke Maximilian ini memberikan cincin berlian kepada Mary of Burgundy, sang tunangan yang memiliki wajah jelita.

Maximilian sendiri berasal dari keluarga miskin yang mendapat dukungan dari para warga. Bantuan berupa emas dan perak terus dia terima, hingga akhirnya bisa membeli cincin dengan berlian. Model cincin berlian berbentuk huruf M itu kini disimpan dalam Museum of Profane treasury yang berada di Wina,Austria.

Pencurian Berlian Untuk Melamar Kekasih

Cinta terkadang membuat orang tidak lagi berpikir jernih. Begitu juga dengan kisah yang dialami oleh Simon Hooper. Mengingat berlian ini harganya cukup tinggi, Simon Hooper pun mengambil jalan pintas. Demi melamar kekasihnya, dia rela mencuri cincin berlian agar rencananya dapat berjalan lancar.

Sayang aksi pencurian yang dilakukan oleh Simon terlanjur ketahuan oleh polisi. Tak ayal dia langsung ditangkap dan ditahan selama 12 minggu lamanya. Hal unik pun terjadi di sini. Agar barang bukti dapat segera diperoleh, polisi terpaksa menunggu Simon buang air besar. Pasalnya cincin berlian tersebut dia telan saat sedang beraksi.

Model Cincin Berlian yang Abadi

Siapa pun pasti sepakat bahwa berlian adalah lambang cinta yang abadi. Pernyataan tersebut kian diperkuat oleh kejadian yang menimpa Don Walling di Amerika Serikat. Pria ini berencana melamar pujaan hatinya di jembatan Brooklyn. Malang, cincin yang dia bawa itu terjatuh dan terguling di jalanan yang ramai.

Don Walling kalang kabut mengejar cincin tunangan miliknya di antara lalu lintas yang padat. Masyarakat yang melihat kejadian itu bahkan mengira Don berniat bunuh diri karena nekat menyeberang jalanan ramai. Namun rupanya Don Walling masih beruntung, karena cincin berlian itu masih bisa didapatkan kembali.

Meski kondisi cincin sudah tidak karuan karena terlindas oleh kendaraan yang berlalu palang. Namun berlian yang terpasang di cincin masih terpasang dengan erat, posisinya tidak berubah sedikit pun. Akhirnya Don Walling berhasil menikahi kekasihnya, dan pernikahan itu masih bertahan hingga sekarang.

Cincin Berlian Biru Kesayangan Putri Diana

Berlian dengan warna biru cukup langka ditemukan saat ini. Berdasarkan fakta tersebut, Pangeran Charles pun memesan cincin pertunangan dengan berlian untuk Putri Diana. Cincin tunangan istimewa ini memiliki 14 butir berlian yang mengelilingi safir biru berukuran 12 karat.

Cincin ini segera menjadi cincin favorit Putri Diana, sehingga selalu dikenakannya setiap saat. Bahkan kemudian diwariskan kepada Pangeran William dan kini dipakai oleh istrinya, Kate Middleton. Siapapun sepakat, cincin ini memiliki pesona menawan serta megah.

Bagi Anda yang ingin memilih cincin berlian wanita untuk kekasih tercinta. Sebaiknya segera hubungi Mondial & Miss Mondial Jeweler. Store perhiasan ini menjual berbagai perhiasan dengan tambahan berlian indah. Anda juga dapat memesan sesuai model yang diinginkan.