Bayar Tagihan PDAM Online Naik Drastis, Ketahui 5 Penyebab Lonjakan Ini!

Mungkin Anda pernah mengalami lonjakan bayar tagihan PDAM online di aplikasi Bank Sinarmas meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Padahal Anda merasa bahwa penggunaan selang air di rumah dalam batas normal saja. Kenapa, ya? Bisa jadi ada kebocoran yang tidak Anda ketahui sehingga memicu masalah tagihan air di rumah membengkak. Supaya tidak kecolongan lagi, sebaiknya Anda mengetahui penyebab tagihan PDAM meningkat.

Penyebab tagihan air melonjak drastis 

Tagihan air PDAM setiap rumah berbeda tergantung dengan penggunaan dan upaya penghematan air masing-masing. Dilansir dari situs kompas.com, ada beberapa penyebab bayar tagihan PDAM online meningkat lebih besar dibandingkan penggunaan bulan lalu yaitu :

  1. Pemakaian air yang terlalu tinggi

Bisa jadi penyebab tagihan PDAM Anda meningkat karena pemakaian air di rumah yang berlebihan. Coba hitung berapa jumlah anggota keluarga Anda yang melakukan mandi minimal dua kali sehari, buang air, mencuci dan memasak, menyiram tanaman, atau keperluan lain yang menggunakan air PDAM. 

Adanya tamu yang menginap, pesta yang digelar di rumah atau renovasi rumah yang butuh suplai air lebih banyak bisa menyebabkan pemakaian ai mengalami peningkatan.

  1. Adanya jaringan yang bocor

Selalu cek sambungan pipa yang masuk ke rumah setelah sambungan meteran tetap aman atau tertutup. Keran di rumah yang terbuka bisa menjadi penyebab kenaikan pemakaian air, tapi Anda harus waspada ada sambungan pipa bocor bila jarum meteran tetap berputar saat semua kran sudah tertutup. Segera hubungi pihak PDAM di kota Anda untuk melakukan perbaikan bila tidak ingin mengalami pembengkakan tagihan air.

  1. Lalai menutup keran atau boros pemakaian air lewat keran 

Anda yang punya anak kecil harus rutin melakukan pengecekan berkala bila anak suka main air. Bisa saja ada keran yang tetap terbuka sehingga memicu pemborosan pemakaian air lewat keran ini. Selain itu, Anda juga harus mengunci keran sampai tidak meneteskan air setelah aktivitas mencuci piring, menyiram air atau mencuci tangan pada masa pandemi. 

  1. Terjadi penggabungan air PDAM dan saluran pompa air

Anda yang memiliki saluran pompa air di rumah harus tahu cara merombak jaringan saluran pompa air dan saluran air PDAM. Bila terjadi penggabungan pada saat tekanan air PDAM besar, maka risiko pembengkakan tagihan air bisa terjadi ketika saluran air pompa masuk ke dalam saluran air PDAM pada saat tekanan besar. 

  1. Tidak membayar tagihan tepat waktu 

Sugesti tagihan yang meningkat bisa terjadi saat Anda melihat nominal tagihan bersamaan dengan tagihan-tagihan yang lain. Hindari risiko stress karena harus membayar denda keterlambatan pembayaran karena Anda tidak membayar jauh-jauh hari. 

Rencanakan finansial dengan cara membayar tagihan paling vital seperti biaya sewa rumah, biaya listrik, tagihan air, dan lain-lain lebih dulu. Setidaknya Anda bisa bernapas lega sebab biaya tagihan selama satu bulan sudah terbayar lunas. Hal ini juga bisa menekan risiko Anda wajib membayar denda keterlambatan pembayaran tagihan, ya!

Supaya Anda tidak terlambat membayar denda setiap bulan, ada baiknya selalu bayar tagihan PDAM online di Bank Sinarmas dengan biaya administrasi yang sangat murah. Anda bisa membayarkan tagihan lewat aplikasi m-banking di ponsel, lewat PC atau membayar tagihan di ATM terdekat. Sangat praktis dan fleksibel dibandingkan Anda harus mengantre dengan pengguna lain di kantor PDAM di wilayah, bukan? Yuk, bayar tagihan air Anda sekarang juga agar tidak terjadi risiko pemutusan sambungan!