6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin Berlian

Saat mempersiapkan acara pernikahan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membeli cincin kawin. Barang tersebut sangat penting karena menjadi simbol pengikat antara suami dan istri. Kebanyakan orang suka dengan cincin kawin berlian namun ragu untuk membelinya. Harga menjadi alasan utama mengapa banyak orang ragu untuk memilih cincin berlian. Dibandingkan cincin jenis lain, cincin berlian memang memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Meskipun begitu, harga cincin berlian sebenarnya cukup beragam. Ada cincin dengan harga terjangkau, ada juga cincin dengan harga yang sangat mahal. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pilihan cincin dengan budget yang dimiliki. Pada umumnya, harga cincin nikah berlian dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

cincin kawin berlian
cincin kawin berlian

Material atau Bahan

Material atau bahan yang digunakan untuk membuat cincin adalah faktor pertama yang memengaruhi harga cincin kawin. Semakin bagus material yang digunakan maka harganya akan semakin tinggi. Material dengan harga yang paling mahal adalah platinum karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik. Emas yang terdiri dari emas kuning, emas putih, dan rose gold adalah material lain yang cukup berharga.

Model

Faktor kedua yang memengaruhi harga cincin kawin adalah modelnya. Anda bisa menemukan banyak sekali model cincin berlian di pasaran mulai dari cincin berlian sederhana hingga cincin kawin mewah. Biasanya semakin rumit proses pembuatan cincin maka harganya juga akan semakin tinggi. Jika budget terbatas, Anda bisa memilih cincin kawin dengan desain yang simple atau sederhana.

Kadar Karat Logam

Jika logam yang Anda pilih adalah emas, maka kadar karat juga mempengaruhi harga cincin kawin. Berbeda dengan berlian, karat pada emas merepresentasikan kemurnian emas dalam perhiasan. Kadar karat paling tinggi adalah 24K yang artinya emas yang digunakan adalah emas murni. Selain itu, ada kadar karat lain yaitu 9K, 14K, 18K, dan 24K. Semakin tinggi kadar karat biasanya harganya semakin mahal.

Gramasi

Gramasi pada cincin adalah berat massa cincin yang Anda pilih. Semakin tinggi gramasi maka harganya juga akan semakin mahal. Namun gramasi ternyata bisa berubah karena dua hal yaitu jenis permata yang disematkan serta lingkar jari pemakainya. Berlian adalah salah satu batu permata yang membuat gramasi dari cincin menjadi berat. Jadi tidak heran apabila harganya cenderung lebih mahal.

Kualitas Berlian

Kualitas berlian sangat mempengaruhi harga cincin kawin yang Anda beli. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas berlian yaitu color atau warna, clarity atau kejernihan, cut atau asahan, dan carat atau berat carat. Faktor yang menentukan kualitas berlian tersebut sering dikenal dengan istilah 4C. Selain faktor 4C tersebut, adanya sertifikat berlian juga bisa membuat harga cincin kawin sedikit lebih mahal. Namun sertifikat sangat penting untuk mengetahui keaslian berlian.

Merek

Merek ternyata juga berpengaruh pada harga cincin kawin. Merek terkenal memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Hal tersebut lantaran merek terkenal telah memiliki kredibilitas dan kepercayaan di mata masyarakat.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin berlian. Bingung mencari toko perhiasan yang tepat? Mondial Jeweler bisa menjadi pilihan Anda. Toko perhiasan ini menawarkan berbagai macam koleksi cincin nikah yang bisa disesuaikan dengan budget. Apabila budget Anda tinggi, cobalah untuk menggunakan layanan custom mode. Layanan tersebut memungkinkan Anda untuk membuat cincin sesuai keinginan. 

Material yang digunakan bisa Anda pilih sesuai keinginan mulai dari emas kuning, emas putih, rose gold, hingga platinum. Lebih lengkap dan jelasnya mengenai Mondial Jeweler bisa Anda lihat di website mondialjeweler.com.