Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Liontin Berlian

Siapapun pasti akan terpukau dengan kehadiran berlian pada koleksi perhiasannya. Bagaimana tidak, liontin berlian asli mampu membuat penampilan yang terkesan biasa saja menjadi istimewa. Hampir semua model berlian mampu menghadirkan kesan glamor dan elegan. Kesan ini sulit didapatkan dari perhiasan lainnya. 

Nah, maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk melengkapi koleksi berlianmu, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli liontin berlian

liontin berlian
liontin berlian

Perhatikanlah standar dan kualitas berlian

Sama halnya ketika hendak membeli cincin berlian, perhatikanlah kualitas berlian yang digunakan pada liontin. Pastikanlah berlian natural. Arti dari natural di sini yaitu berlian bukan berasal dari laboratorium, dan diambil dari sumber non konflik. 

Selain itu, standar kualitas dari berlian dapat dilihat dari 4C, yaitu colour (warna), cut (potongan), clarity (kejernihan), dan carat (karat). Hal ini terutama berlaku pada liontin berlian dengan model solitaire atau berukuran besar. 

Pilihlah liontin dengan berlian yang akan jadi pusat perhatian

Jika liontin yang kamu miliki tidak dibeli berpasangan  dengan rantai kalungnya, jangan sedih ya. Pilih saja rantai kalung yang sederhana. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada liontin berlian asli yang kamu miliki agar menjadi pusat perhatian. Pemilihan detail rantai kalung yang unik justru akan mengalihkan perhatian orang-orang dari liontin kamu. 

Kenali beberapa efek dari bentuk liontin

Bentuk dari liontin kalung berlian yang berbeda-beda ternyata bisa menciptakan sebuah ilusi yang berbeda terhadap hal-hal disekitar kalung. Seperti ilusi pada leher dan wajah. Misalnya, liontin yang berbentuk bulat  ternyata bisa memberi efek memperhalus fitur wajah yang berbentuk persegi. 

Lain halnya dengan liontin yang memiliki bentuk memanjang ke bawah ataupun V-shape. Liontin dengan bentuk ini akan memberikan kesan wajah yang lebih tirus sekaligus leher yang lebih jenjang. 

Sesuaikanlah bentuk liontin dengan garis leher pakaian

Biasanya, seseorang akan lebih memilih outfit tertentu dengan neckline atau garis kerah leher yang bisa menonjolkan kelebihan pada fitur wajah, leher, juga bahu. Maka dari itu, sesuaikanlah pilihan liontin kamu dengan garis kerah outfit agar tampilan lebih manis. 

Misalnya, jika kamu memiliki garis kerah berbentuk kerah button down kamu bisa memilih kalung dengan ukuran liontin yang besar. Untuk kamu yang mengagumi potongan kerah Sabrina, kamu juga bisa memilih kalung dengan ukuran liontin yang besar namun tak terlalu panjang. 

Selain itu, jika kamu penggemar atasan strapless atau off shoulder, kamu bisa memilih kalung dengan liontin berlian asli yang ramping dan rantai kalung yang pendek. Hal ini berlaku jika kamu tidak terlalu suka untuk jadi pusat perhatian. Jika kamu memiliki kepribadian sebaliknya, liontin dengan ukuran yang lebih besar cocok untuk kamu. 

Sesuaikanlah dengan budget yang telah kamu miliki

Tentu saja hal inilah yang harus jadi prioritas kamu. Jika kamu sudah memutuskan ingin menambah koleksi perhiasan dengan berlian, kamu harus siap akan urusan biaya. Ya, seperti yang kamu ketahui, perhiasan berlian bukan perhiasan yang murah. 

Pastikan kamu telah memiliki goals and plan sebelum memutuskan membeli perhiasan berlian. Pastikan semua itu sesuai dengan budget range kamu, ya. 

Jika kamu memiliki anggaran yang lebih, pilihlah berlian dengan model solitaire dan tentunya dengan ukuran karat sesuai selera. Sebaliknya, jika anggaran pas-pasan, pilihlah berlian model cluster. Model ini merupakan liontin dengan berlian-berlian kecil yang tak kalah cantik. 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli liontin berlian. Semoga membantu!