4 Fungsi Laktosa dalam Susu Pertumbuhan

Susu pertumbuhan merupakan sumber nutrisi tambahan yang bisa diberikan pada anak mulai dari usia 1 tahun. Ada berbagai macam kandungan susu pertumbuhan yang baik untuk tumbuh kembang anak, salah satunya yaitu laktosa atau gula susu. Bukan hanya susu pertumbuhan saja, gula ini juga terkandung dalam ASI (Air Susu Ibu). Beragam fungsi diberikan oleh gula susu, di antaranya yaitu:

Mendukung Perkembangan Bakteri Baik

Manfaat gula susu ini yang pertama yaitu mendukung perkembangan bakteri baik yang ada dalam usus manusia. Ketika tidak dicerna usus, gula ini akan dimanfaatkan sebagai prebiotik oleh bakteri baik. Apabila prebiotik tercukupi maka perkembangan bakteri baik berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, pencernaan si Kecil bisa lebih sehat.

Sumber Energi

Laktosa atau gula susu merupakan bagian dari karbohidrat yang nantinya bisa dipecah lagi. Karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Sebagai sumber energi, karbohidrat harus selalu terpenuhi. Jika karbohidrat tidak terpenuhi maka Si Kecil menjadi tidak berenergi untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Laktosa

Membantu Mengoptimalkan Zat Besi dan Kalsium

Kalsium dan zat besi merupakan dua jenis mineral yang sangat penting untuk anak-anak. Kalsium berfungsi untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Sementara zat besi bisa mencegah anemia. Gula susu menjadi penting untuk Si Kecil karena membantu mengoptimalkan dua mineral tersebut. Penyerapan zat besi dan kalsium pada tubuh bisa lebih baik dengan bantuan gula susu.

Membantu Perkembangan Otak

Dalam gula susu terkandung molekul yang disebut galaktosa. Molekul tersebut berperan dalam pembentukan glikolipid. Sementara galaktolipid adalah zat yang membantu perkembangan otak. Bukan hanya itu saja, glikolipid juga membantu pertumbuhan sistem saraf pusat. Penuhi asupan gula susu untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Itulah beberapa fungsi laktosa atau gula susu yang perlu Anda ketahui. Nestle Dancow Nutritods merupakan salah satu produk susu pertumbuhan yang mengandung gula susu. Selain itu, susu Dancow Nutritods juga tidak mengandung sukrosa atau 0 gram sukrosa. Anda bisa memilih susu Dancow Nutritods sesuai dengan tahapan usia Si Kecil.