Tips Masuk Fakultas Kedokteran Bandung

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak sekali calon mahasiswa yang gagal masuk Fakultas Kedokteran. Sebagai jurusan terfavorit hampir di semua kampus Indonesia, Fakultas Kedokteran memang menjadi idaman banyak calon mahasiswa. Karena hal tersebut, jumlah peminat dan jumlah mahasiswa yang diterima sangat jauh berbeda. Akibatnya banyak calon mahasiswa yang akhirnya gagal masuk Fakultas Kedokteran Bandung.

Namun tenang saja, Anda masih memiliki kesempatan apabila melakukan persiapan dengan baik. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa masuk Fakultas Kedokteran:

Tulis Resume Berkaitan dengan Medis

Memiliki resume berkaitan dengan medis menjadi salah satu keunggulan Anda sebagai calon mahasiswa kedokteran. Melalui resume tersebut, pihak kampus bisa melihat keaktifan Anda dalam dunia medis. Anda bisa menulis resume dari pengalaman volunteer di rumah sakit, pengabdian ke masyarakat, dan lain sebagainya.

Fakultas Kedokteran Bandung

Lakukan Proyek Penelitian

Ketika di sekolah menengah, ada banyak kesempatan untuk mengikuti proyek penelitian. Biasanya siswa SMA bisa mengikuti proyek kecil yang dilombakan. Anda yang sudah pernah mengikuti proyek penelitian juga memiliki kesempatan lebih untuk diterima di Fakultas Kedokteran Bandung. Jadi manfaatkan kegiatan-kegiatan selama sekolah untuk menambah nilai Anda di mata kampus.

Ikut Kursus

Biasanya akan ada seleksi ketat untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran. Sebagai bentuk persiapan untuk bersaing dengan para pesaing, Anda bisa mengikuti kursus. Anda bisa mengikuti kursus untuk seleksi masuk atau kursus lainnya. Aktivitas padat sekolah dan kursus bisa membuat Anda belajar manajemen waktu. Selain itu, Anda juga bertemu banyak orang saat mengambil kursus.

Nilai Harus Baik

Ada beberapa jalur masuk yang disediakan oleh Fakultas Kedokteran. Selain jalur seleksi tulis, ada juga jalur non tulis. Artinya Anda berkesempatan masuk Fakultas Kedokteran tanpa seleksi tulis. Namun untuk mengikuti jalur non tulis, Anda harus memiliki nilai yang baik. Nilai rapor seperti biologi, fisika, kimia, matematika, dan bahasa inggris harus baik. Selain itu, nilai ujian akhir sekolah juga harus baik.

Sehat

Jika ingin masuk kedokteran, Anda harus sehat jiwa maupun raga. Pasalnya saat masuk kuliah, Anda akan menghadapi tugas maupun praktikum yang banyak. Tanpa kesehatan yang baik, Anda bisa saja gagal di tengah jalan.

Pelajari Bahasa Lain

Mahasiswa kedokteran tidak bisa hanya mengandalkan Bahasa Indonesia saja. Anda juga perlu mempelajari bahasa lainnya karena perkembangan dunia medis terjadi secara global. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib Anda pelajari. Selain itu, Anda juga harus terbiasa dengan istilah medis dan bahasa latin.

Mengikuti Banyak Tes Masuk

Tips masuk Fakultas Kedokteran yang terakhir adalah ulet dan tidak gampang menyerah. Masuk ke Fakultas Kedokteran memang tidak mudah. Namun ada banyak sekali jalan untuk masuk ke dalamnya apabila memang Anda memiliki tekad dan keinginan. Cobalah ikuti banyak tes masuk mulai dari jalur beasiswa, jalur undangan, hingga jalur mandiri.

Jadilah Mahasiswa Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha merupakan salah satu kampus swasta yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat. Apabila ingin masuk Fakultas Kedokteran Bandung, Anda bisa memilih universitas ini. Ada tiga jalur yang bisa Anda ikuti yaitu jalur beasiswa, jalur undangan, dan juga jalur reguler.

Banyaknya jalur masuk membuat kesempatan Anda menjadi mahasiswa Universitas Kristen Maranatha semakin tinggi. Belajar di kampus ini memberikan atmosfir pembelajaran yang menyenangkan. Berbagai fasilitas dihadirkan untuk mendukung proses belajar dan mengajar. Informasi mengenai pendaftaran dapat Anda lihat pada website Universitas Kristen Maranatha yaitu www.maranatha.edu.