Langkah-Langkah Membuat Social Media Campaign

Menjalankan pemasaran melalui media sosial menjadi salah satu cara efektif untuk mengembangkan sebuah brand. Pengguna media sosial yang banyak membuat brand Anda lebih mudah diketahui oleh masyarakat secara luas. Dalam menjalankan pemasaran media sosial, Anda harus membuat social media campaign terlebih dahulu. Kampanye tersebut harus disusun dengan baik agar tingkat keberhasilan tinggi dalam mencapai tujuan atau goals. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kampanye media sosial yang bisa Anda lakukan:

Menentukan Tujuan Kampanye

Langkah awal yang perlu dilakukan tentu saja menetapkan tujuan melakukan campaign melalui media sosial. Mengetahui tujuan ini bisa membantu Anda mengukur keberhasilan. Sebaiknya cari tujuan secara spesifik dan detail. Pastikan tujuan relevan dan juga realistis untuk dicapai. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan saja, kampanye media sosial juga berguna untuk meningkatkan brand awareness.

Menggunakan Metrik Agar Hasil Akurat

Ada beberapa metrik yang biasanya digunakan untuk mengetahui hasil. Contohnya yaitu jumlah retweet, like, atau comment. Namun metrik tersebut sebenarnya tidak bisa membuktikan nilai yang sesungguhnya. Dibandingkan hal tersebut, ada beberapa hal yang dianggap lebih baik seperti conversation rate, lead generation, dan web referrals. Metrik yang dipilih harus disesuaikan dengan tujuan campaign.

Mempelajari Audiens

Mengetahui audiens secara tepat penting dalam membuat campaign. Pasalnya dengan mengetahui latar belakang audiens, Anda bisa membuat konten yang menarik dan cocok untuk mereka. Konten yang menarik adalah kunci untuk mendapatkan engagement seperti sukai, bagikan, dan komentari. Untuk mengetahui audiens setiap platform, Anda harus melakukan riset.

Melakukan Riset Kompetitor

Hampir semua perusahaan sudah mengerti betapa pentingnya pemasaran melalui media sosial. Hal tersebut mungkin juga berlaku pada pesaing atau kompetitor Anda. Lakukan riset terhadap apa yang dilakukan kompetitor di media sosial. Melalui riset, Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk unggul dari kompetitor. Buat sesuatu yang unik sehingga bisa menjadi keunggulan.

Melakukan Audit Terhadap Media Sosial

Langkah membuat social media campaign selanjutnya yaitu melakukan audit terhadap media sosial. Sebelum melakukan pemasaran, Anda harus mengenal tentang platform yang akan digunakan. Selanjutnya lakukan audit untuk menemukan platform yang cocok dengan tujuan kampanye.

Social media campaign

Optimasi

Audit terhadap media sosial membantu Anda untuk memutuskan platform yang akan digunakan. Setelah mengetahui platformnya, Anda harus menentukan strategi yang tepat pada setiap platform. Lakukan optimasi pada masing-masing platform sesuai karakteristik masing-masing. Contohnya jika Instagram harus membuat video dan foto yang menarik, TikTok membuat video, dan lain-lain.

Membuat Kalender Konten

Konsistensi merupakan salah satu kesuksesan dari pemasaran melalui media sosial. Audiens akan hilang dengan sendirinya apabila Anda tidak rutin membuat konten. Agar kampanye berjalan lancar, buat kalender konten. Ketahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Pastikan audiens yang didapatkan maksimal di waktu tersebut.

Melakukan Pengujian dan Evaluasi

Langkah terakhir dalam membuat kampanye media sosial adalah melakukan pengujian dan juga evaluasi. Tidak semua campaign yang telah direncanakan akan sukses. Terkadang ada kesalahan dan lain sebagainya. Pengujian dan evaluasi berfungsi untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam campaign

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti saat akan membuat social media campaign. Keberhasilan sebuah kampanye tentu saja tergantung dari perencanaan yang matang. Apabila Anda masih ragu untuk menjalankan kampanye sendiri, social media marketing agency bisa membantu. IDEOWORKS.ID merupakan agensi yang bisa membantu melakukan pemasaran yang efektif dan efisien melalui media sosial. Tim yang dimiliki ahli dan kompeten sehingga membuat pekerjaan lebih mudah. Sebelum bekerja sama, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan tim IDEOWORKS.ID. Website agensi yang bisa Anda akses yaitu www.ideoworks.id