4 Cara Merawat Anjing yang Baik dan Benar

Memiliki hewan peliharaan memang sangat seru dan menyenangkan, contohnya seperti anjing yang selalu menjadi teman terbaik. Namun disisi lain, setiap orang yang memeliharanya harus tahu bagaimana cara merawat anjing yang baik dan benar agar tetap sehat dan juga bugar.

Ada 4 cara merawat hewan kesayangan tersebut. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja hal yang harus Anda perhatikan saat merawatnya.

1.  Rutin Memeriksa ke Dokter Hewan

Cara pertama yang harus dan wajib dilakukan adalah mengunjungi dokter untuk memeriksa hewan peliharaan Anda. Periksa kesehatan anjing, termasuk memberi vaksin terbaik agar kesehatannya tetap terjaga.

Cara ini dapat membantu anjing Anda untuk tetap sehat dan beraktivitas secara optimal sehari-hari.

2.  Memilih Makanan dan Menjaga Pola Makan

Makanan juga tidak kalah penting dan juga aspek yang dapat membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda. Pilihlah makanan terbaik yang kaya akan nutrisi. Salah satu makanan terbaik untuk anjing yaitu makanan dari Royal Canin yang kaya akan nutrisi terbaik.

Selain itu, jaga juga pola makan anjing agar tidak obesitas karena berat badan yang ideal berpengaruh positif pada kesehatannya.

cara merawat anjing

3.  Menjaga Kebersihan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjaga kebersihan anjing. Yang pertama adalah membersihkan kandangnya secara rutin, kedua yaitu membersihkan anjing dengan cara memandikannya, dan yang terakhir yaitu pastikan hewan Anda tidak berkutu.

Hal ini perlu Anda perhatikan karena kebersihan juga menjadi salah satu bagian penting agar Anjing tetap sehat dan bugar.

4.  Mengajaknya Beraktivitas

Anjing yang hanya berdiam diri di kandangnya sepanjang hari rentan stres dan obesitas. Dua hal tersebut juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Maka dari itu, ajaklah hewan kesayangan Anda ini untuk beraktivitas di luar ruangan.

Ajak mereka untuk berjalan-jalan di luar rumah, seperti mengajaknya ke taman atau ke tempat-tempat tertentu. Lakukan ini setiap hari di sore atau pagi hari.

Itulah 4 cara merawat anjing yang bisa Anda aplikasikan setiap hari. Tujuannya agar anjing tidak stres dan kesehatannya pun tetap terjaga. Selamat mencoba.