Perawatan Tepat Bagi Anjing Melahirkan Agar Tetap Sehat

Sejak anjing peliharaan hamil, Anda diharuskan untuk lebih memperhatikan, merawat dan mengurusnya secara telaten sampai mereka melahirkan. Namun tidak hanya itu saja, perawatan pasca anjing melahirkan juga tidak kalah penting.

Sama seperti manusia, induk anjing yang baru melahirkan juga memerlukan waktu untuk kembali pulih seperti sedia kala. Di saat yang sama, ia juga harus memberi kehangatan serta menyusui anak-anaknya yang baru lahir. Oleh sebab itu, dengan memberikan perawatan yang baik pada anjing pasca melahirkan, Anda juga sudah mendukung kesehatan induk anjing sekaligus anak-anaknya.

Berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa Anda berikan pada anjing pasca melahirkan. Pastikan Anda simak artikel di bawah sampai tuntas, ya!

Siapkan tempat kering dan hangat 

Tempat yang kering dan hangat untuk induk anjing beserta anak-anaknya setelah persalinan bisa memberikan mereka rasa aman dan juga nyaman.

Untuk itu, Anda bisa membuat kotak yang cukup tinggi sehingga anak anjing tidak bisa memanjatnya keluar tapi induknya bisa. Kemudian, letakkan di lokasi yang tidak berangin. Selain itu, kotaknya juga harus cukup besar agar sang induk bisa bergerak dan berbaring menjauh dari anak-anaknya.

Meski induk anjing bisa menghangatkan anak-anaknya, namun saat sang induk pergi untuk makan atau buang kotoran, anak-anak anjing bisa saja kedinginan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bantalan pemanas yang dilapisi handuk atau selimut untuk menghangatkan kotak. Pastikan 2 benda tersebut berkondisi baik dan tidak compang-camping, karena dikhawatirkan akan membuat anak anjing terlilit. 

Tingkatkan nutrisi induk anjing

Induk anjing yang sedang menyusui tentu membutuhkan nutrisi dan kalori yang lebih. Untuk mencukupi hal tersebut, pastikan Anda memberikan induk anjing makanan berkualitas tinggi. 

Anda bisa memberikan dia makanan basah dan kering kepada induk dengan memperbanyak porsi makannya agar ia bisa makan kapanpun saat ia lapar. Jangan lupa sediakan pula air bersih untuk minumnya, ya!

Demikian ulasan singkat mengenai perawatan sederhana yang harus Anda berikan pada anjing pasca ia melahirkan. Nah, untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan induk anjing, Anda bisa memberinya Royal Canin. 

Royal Canin sendiri adalah makanan hewan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik bagi hewan peliharaan Anda, termasuk anjing yang baru melahirkan. Untuk informasi dan pemesanan, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi mereka di www.royalcanin.com.