Tips Membuat Resep Nusantara Soto Kudus Yang Nikmat

Membuat menu masakan nusantara memang tidak akan pernah ada habisnya, karena berbagai masakan yang ada di nusantara ini setiap daerah memiliki masakan-masakan yang enak dan berbeda, Salah satunya yang terkenal dalam masakan nusantara ini diantaranya yaitu soto kudus. Saat mendengar kata soto yang terbayang tentu adalah makanan berkuah dengan aroma yang khas dan nikmat saat dinikmati.

Untuk membuat soto kudus ini juga mudah sehingga bagi anda yang ingin membuatnya di rumah tidak perlu datang jauh-jauh ke Kudus karena di rumahpun anda dapat membuatnya sendiri. Untuk bisa membuat masakan nusantara yang lezat ini andapun juga bisa membuat dengan sedikit kreatifitas anda dalam membuatnya lebih variatif dan enak saat disantap. Dan supaya tidak penasaran berikut ini resep dalam membuat masakan soto kudus.

Bahan yang diperlukan:

  1. Ayam kampung 1 ekor
  2. Telur rebus 4 butir dibagi menjadi 4 bagian
  3. Tauge seduh 150 gram yang dipotong
  4. Sledri 2 sdm yang dirajang halus
  5. Kecap manis 75 ml
  6. Bawang putih 2 sdm diiris  dan dipotong
  7. Air jeruk nipis 2 buah
  8. Serai 2 batang
  9. Garam 1 ½ sdt
  10. Gula 1sdt
  11. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  1. Bawang merah 6 siung
  2. Bawang putih 6 buah
  3. Jintan ½ sdt
  4. Kemiri 6 butir
  5. Jahe 3 cm
  6. Ketumber 1sdm

Cara membuatnya:

Pertama-tama panaskan terlebih dahulu air untuk merebus ayam menggunakan api kecil hingga membentuk kaldu ayam sampai ayam matang. Setelah itu panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, lalu masukan serai dan masukan rebusan ayam, garam, gula, dan juga bawang putih goreng.

Selanjutnya masak sampai bumbu benar-benar meresap dalam daging ayam, lalu angkat ayam dan suwir-suwir. Setelah itu siapkan nasi dalam mangkok dan masukan telur, tauge, suwiran ayam, sledri, air jeruk nipis, kecap manis, dan terakhir masukan kuah sotonya. Soto Kudus yang nikmatpun telah siap untuk dinikmati bersama keluarga.