Kedisiplinan Menuju Hidup Sehat

Kesehatan merupakan hal yang paling urgen dalam kehidupan ini. Orang dapat menikmati segala kenikmatan dunia ini jika dalam keadaan sehat.

Untuk mendapatkan sehat dapat diperjuangkan yaitu dengan cara hidup sehat. Dalam menjalani kehidupan sehat dibutunkan kedisiplinan karena hal ini merupakan kunci keberhasilan hidup sehat.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kesehatan kita terancam gara-gara tidak disiplin. Jadi cara hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri.

Berikut adalah beberapa kedisiplinan untuk menjaga kesehatan, yaitu:

  • Disiplin membersihkan diri dan lingkungan. Penyebab timbulnya bakteri adalah karena lingkungan kotor. Bakteri akan berkembang secara cepat di lingkungan yang kotor dan menyebabkan penyakit.
  • Oleh karena itu untuk menghindari bakteri yang menyebabkan penyakit harus disiplin membersihkan diri dan lingkungan. Membersihkan diri bukan hanya mandi saja tetapi disiplin mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi, dan lain-lain. Membersihkan lingkungan dimulai dari membersihkan kamar tidur sampai lingkungan rumah, halaman, dan selokan.
  • Disiplin mengatur pola makan. Pola makan berhubungan dengan waktu dan jenis makanan.  Menurut kesehatan waktu makan yang ideal yaitu tiga kali pagi-pagi, siang, dan malam. Adapun jenis makanan yang tepat untuk sarapan adalah makanan yang mengandung gizi yang lengkap. Pada pagi hari kita akan menghadapi aktivitas yang berat. Oleh karena itu makanlah yang banyak mengandung karbohidrat. Untuk siang hari jenis makanan agak kurang dari jenis makanan pagi hari namun tetap masih mengandung karbohidrat namun porsinya dikurangi. Untuk makan malam sebaiknya makanan dengan nutrisi yang agak ringan karena pada saat malam hari sistem pencernaan sudah mulai istirahat. Dengan kata lain untuk mengatur pola makan yang sehat adalah ketika sarapan makanlah seperti raja, waktu siang makanlah seperti pangeran, dan waktu malam makanlah seperti orang miskin.

cara  hidup sehat

  • Disiplin berolah raga. Olah raga sangat penting untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan urat saraf. Olah raga yang tidak teratur akan menimbulkan penyakit. Jadi sebaiknya olah raga secara teratur meskipun hanya 10 menit.

Demikianlah kedisiplinan yang harus dilakukan sebagai salah satu cara  hidup sehat. Dengan disiplin akan menjauhkan diri dari segala penyakit. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, itulah prinsip hidup sehat.