Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Menjaga kehamilan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, namun juga menjaga kehamilan bisa melakukannya dengan berolahraga. Dengan

Infused Water Kurma Minuman yang Cocok Saat Puasa
Langkah Awal Pencegahan Anak Terlambat Bicara
Senam Otak Untuk Kestabilan Otak

Menjaga Kehamilan MudaMenjaga kehamilan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, namun juga menjaga kehamilan bisa melakukannya dengan berolahraga. Dengan berolahraga Anda bisa menjaga kehamilan muda atau trimester pertama hingga trimester ke-3. Berikut beberapa jenis olahraga yang bermanfaat untuk ibu hamil.

  1. Senam kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Senam ini selain dapat mempertahankan berat badan ideal ibu hamil, juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat perubahan tubuh, serta melancarkan proses kelahiran bayi. Biasakan senam kegel di usia kehamilan awal untuk menjaga kehamilan muda. Hal ini karena dapat memberikan hasil lebih optimal.

        2. Senam pilates

Selain senam kegel ada juga senam pilates yang memiliki manfaat untuk menguatkan otot-otot dan mencegah rasa sakit. Disarankan mintalah pelatih untuk menjadi instruktur senam karena senam ini membutuhkan instruktur senam terlebih dahulu.

         3. Streching

Dengan melakukan streching Ibu hamil mampu menurunkan resiko komplikasi dan menurunkan resiko iritasi pada kehamilan. Streching sangat baik dilakukan di usia kehamilan trimester pertama.

         4. Aerobik ringan

Aerobik bermanfaat untuk ibu hamil, karena dapat membantu menyehatkan jantung, mencegah ambeien dan meningkatkan kadar oksigen. Namun, alangkah baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah kondisi kandungan Anda bisa mengikuti olahraga seperti aerobik.

         5. Senam Yoga

Jenis olahraga yang menekankan pada kebugaran fisik juga ketenangan jiwa ini merupakan olahraga yang baik dilakukan sejak hamil muda dan seiring pertambahan usia kehamilan. Teknik relaksasi pada senam yoga memiliki manfaat baik untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan normal.

         6. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Berenang mampu mengurangi tekanan pada punggung dan kaki ibu hamil yang mudah lelah.

         7. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga paling murah dan bisa dilakukan dimana saja.

Disarankan ibu hamil untuk meluangkan waktunya berolahraga supaya kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Pastinya dengan olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan ibu. Dengan berolahraga ibu hamil bisa menjaga kehamilan muda bahkan kehamilan tuanya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0