Cara Mudah Menghilangkan Ketombe

Apa yang pertama kali anda fikirkan jika mendengar kata ketombe? Tentunya sekelumit kotoran-kotoran yang menempel di rambut bukan? Ya, ketombe menjadi salah satu permasalahan rambut yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari baik pria maupun wanita tentu pernah mengalami kejadian ini. Tidak hanya membuat penampilan menjadi buruk sehingga menurunkan kadar kepercayaan diri seseorang, tetapi juga menyebabkan kulit kepala anda menjadi tidak sehat. Anda mungkin akan sering merasakan gatal-gatal pada kulit kepala yang menyebabkan rasa ingin menggaruknya. Namun, akan sangat memalukan jika anda melakukan hal tersebut di muka umum.

Ketombe muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan, penumpukan sel kulit mati serta tumbuhnya jamur pada kulit kepala. Jamur ini dikenal dengan nama malasseiza. Malasseiza akan memecah kelenjar minyak yang terdapat di kulit kepala dan menjadikannya sari makanan. Setelah itu, jamur ini akan menghasilkan asam lemak yang akan membuat kulit kepala menjadi terasa gatal dan tumbuhlah ketombe tersebut.

Mengatasi ketombe yang bandel-bandel dapat dibilang gampang gampang susah. Meskipun berbagai produk kecantikan telah bermunculan untuk menghilangkannya, namun tetap saja tidak dapat dengan mudah meninggalkan permasalahan ini.

Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe? Anda dapat memilih opsi alami berikut ini:

BAKING SODA

Caranya :

  • Basahi rambut
  • Ambil 1 sdm baking soda lalu gosokkan secara lembut pada kulit kepala
  • Diamkan beberapa saat
  • Bilas menggunakan air bersih

Cara ini cukup ampuh meskipun anda akan merasakan rambut yang lebih kering ketika pertama kali mencobanya. Lakukan selama beberapa minggu dan anda akan merasakan khasiatnya secara optimal.