4 Cara Ini Akan Membuat Anda Gampang Bangun Pagi

Sudah banyak yang mengetahui, manfaat besar dari bangun pagi. Namun begitu, tidak semua mampu melaksanakan hal ini. Banyak alasan yang diutarakan untuk membenarkan pernyataan mereka saat lebih memilih bangun di siang hari, seperti kelelahan, kurang tidur ataupun tidak menyadari bahwa waktu sudah menjelang pagi, tahu-tahu matahari sudah bersinar terang saja.

Biasanya, bukannya mereka tidak ingin bangun pagi dan menyambut matahari. Hanya saja, memang jika tidak terbiasa, memang susah bagi seseorang untuk terbangun sebelum matahari menjelang. Tetapi hal ini, bukan berarti tidak bisa disiasati. Ada beberapa cara ampuh dan gampang yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan diri bangun di pagi hari.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda gampang bangun pagi, yaitu:

1. Tidur lebih cepat

Minimal waktu tidur atau istirahat seseorang adalah enam jam. Dengan tidur lebih cepat dari biasanya, otak Anda akan memperingatkan saat kecukupan tidur sudah tiba. Anda bisa memperhitungkan, seberapa lama biasanya Anda tidur di malam hari. Lalu atur waktu jam tidur Anda dan perhitungkan saat bangunnya adalah sekitar jam 5 pagi.

2. Persiapkan segala sesuatunya di malam hari

Dengan mempersiapkan segala keperluan di malam hari atau menjelang tidur, hal ini dapat me-sugesti pikiran kita, bahwa persiapan ini diperuntukan saat Anda bangun lebih pagi. Secara tidak sadar, kita telah membangun mindset pada pikiran untuk membangun tubuh kita di waktu yang telah kita tentukan.

3. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Salah satu yang mengindikasikan seseorang lambat tidur di malam hari adalah keasikan bermain gadget. Bahkan saat dimatikan pun, pikiran kita tidak jarang berkelana dengan keasikan memainkan gadget yang ada. Dengan mematikan dan menjauhkan gadget dari tubuh saat menjelang tidur, paling tidak setengah jam sebelum waktu tidur, hal ini akan mengurangi pikiran Anda bekerja menyerap informasi.

4. Hindari alkohol dan kafein

Menjelang tidur malam, Anda harus tidak boleh mengkonsumsi alkohol dan juga kafein. Karena dua hal ini sangat mengganggu kualitas tidur Anda dan dapat menggagalkan bangun di pagi hari.

Selain ke empat cara di atas, yang tidak kalah penting adalah motivasi yang kuat untuk bangun pagi. Keinginan untuk memiliki hidup yang lebih sehat dan bugar, bisa menjadi afirmasi positif bagi diri Anda. Semoga bermanfaat!