Kapan Waktu Tepat Ganti Oli? Cek Di Sini!

Bagi Anda pengguna kendaraan roda dua, mengetahui kapan waktu yang tepat mengganti pelumas adalah hal yang penting. Memang, jika menggunakan oli sintetik, jangka waktu penggantian pelumas cukup panjang. Hal ini dikarenakan pelumas sintetik tidak menghasilkan penguapan yang berlebihan, sehingga mesin tidak cepat panas. Selain itu endapan yang dihasilkan pun cenderung sedikit.

Hanya saja, mengganti oli sintetik motor termasuk ke dalam langkah-langkah perawatan kendaraan bermotor Anda. Perawatan harus dilakukan secara rutin, agar motor tetap nyaman, mulus, serta tarikannya tetap halus saat dipakai. Oli, bagi motor memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan bagi setiap komponen dari gesekan yang terjadi. Gesekan ini tidak bisa dihindarkan, hanya bisa diminimalisir saja efeknya terhadap mesin. Itu sebabnya oli harus dilakukan penggantian secara rutin agar mesin tetap dalam keadaan prima.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor? Agar kendaraan roda dua tetap dalam kondisi baik, proses penggantian oli dilakukan berdasarkan jarak tempuh. Pada umumnya jarak tempuh yang dipergunakan adalah berkisar antara 1500-4000 km. Misal, jarang tempuh kendaraan Anda setiap harinya salah 20 sampai 50 km/hari. Maka, penggantian pelumas dilakukan setiap 1,5 bulan.

Sementara untuk jarak tempuh di atas 50 km setiap harinya, maka Anda harus melakukan penggantian oli dalam kurun waktu satu kali dalam sebulan. Dan untuk jarak tempuh di atas 200 km/hari, maka disarankan untuk mengganti oli selama dua minggu sekali. Proses penggantian oli ini juga disesuaikan dengan jenis oli yang dipakai. Lakukan penggantian ini di bengkel langganan Anda, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan motor yang dimiliki.

Untuk menjaga kendaraan agar selalu nyaman saat dipakai, pilihlah oli sintetik untuk melindungi komponen serta mesin kendaraan. Pelumas sintetis ini telah terbukti berkualitas dan mampu memberikan perlindungan menyeluruh untuk motor. Setiap kali Anda membeli oli ini, selalu cek barcode yang terdapat pada kemasan untuk menghindari membeli pelumas yang palsu. Jangan pilih pelumas lain, karena Top 1 memang terbukti paling top!