Tips Kelola Belanja Online

Seiring dengan majunya perkembangan zaman, segala Sesuatu pun juga dipermudah. Bahkan dalam hal belanja, bagi Anda yang memiliki hobi belanja pastinya sudah sangat akrab dengan belanja baik itu offline maupun online. Dengan maraknya belanja dalam ranah digital, tentu saja konsumen diberikan keuntungan, yaitu kepraktisan dan tidak perlu beranjak dari ke toko sesungguhnya.

Konsumen dapat melakukan transaksi belanja online di manapun berada, hanya dengan modal smartphone dan paket data. Ada beberapa cara berbelanja dengan gaya seperti ini, diantaranya adalah melalui forum jual beli di internet, jejaring internet maupun toko online. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin hari perkembangan bisnis e-commerce kian menarik. Bahkan berbagai inovasi dengan tujuan mempermudah konsumen juga kian gencar ditingkatkan.

belanja online
belanja online

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dibidang e-commerce tidak hanya memberikan dampak positif saja, namun juga memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif dalam bisnis e-commerce khususnya belanja online adalah belanja yang keterlaluan. Agar belanja yang Anda lakukan tidak keterlaluan sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Membuat Daftar Belanja 

Buatlah daftar belanja online yang akan Anda beli, meskipun tidak termasuk dalam belanja bulanan, namun belanja jenis ini juga sangat perlu daftar belanja. Masukkan list barang-barang yang akan kamu beli secara online, pilihlah barang yang benar-benar Anda butuhkan dalam waktu dekat saja.

2. Menentukan Budget

Menentukan budget merupakan langkah perencanaan barang apa saja yang akan Anda beli. Hitung budget yang Anda perlukan dari penghasilan bulanan tentu saja dengan sebelumnya mengurangi nominal setelah ditabung dan pengeluaran bulanan. Dengan begitu Anda akan bebas dari “kejamnya” belanja online.

3. Mencari Referensi 

Tidak ada salahnya jika Anda rajin mencari referensi harga antara toko online 1 dengan toko online lainnya. Kemudian bandingkan harganya dan carilah toko yang menawarkan promo dan bekerjasama dengan pihak tertentu misalnya bank.

4. Keamanan Transaksi

Jika toko online memberikan cara pembayaran dengan kartu kredit, gunakanlah kartu debit e-Card Jenius sebagai pengganti kartu kredit. Karena kartu ini terhubung dengan VISA, sehingga dapat digunakan dimanapun.