3 Cara Sederhana Mengajari Anak-Anak Menulis

Pada usia balita khususnya usia 3-4 tahun anak-anak mulai mengasah kemampuan motorik halus mereka salah satu contohnya belajar menulis. Keterampilan tersebut bisa diasah sedini mungkin dengan beberapa macam teknik yang mudah seperti belajar membuat garis, membuat lingkaran hingga menghubungkan titik-titik yang membentuk sebuah gambar.

Aktivitas mewarnai juga bisa menunjang perkembangan keterampilan menulis anak hingga anak-anak kita terbiasa untuk memiliki kemampuan pre-writing skill.

Saat anak-anak belajar menulis kita sebagai orang tua bisa memberikan beberapa macam peralatan sederhana yang bisa digunakan sebagai alat tulis. Pilih alat tulis yang bisa digenggam oleh pergelangan tangan buah hati kita serta aman untuk digunakan. Mengajari anak-anak untuk memiliki kemampuan menulis bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti ketika mereka bermain agar terhindar dari rasa bosan.

belajar menulis
belajar menulis

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mengajari anak mereka menulis. Cara yang pertama adalah menyediakan bahan dan perlengkapan menulis yang beragam. Alat tulis yang memiliki warna yang beragam seperti crayon hingga kertas gambar tentunya akan membuat anak-anak lebih antusias saat menulis.

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan oleh semua orang tua ketika anak-anak mereka menulis adalah dengan membiasakan mereka untuk berlatih mewarnai sebuah gambar. Aktivitas mewarnai biasanya akan lebih digemari oleh setiap anak dan secara tidak langsung akan memotivasi seorang anak untuk belajar meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Kita bisa memberikan beberapa macam gambar sederhana seperti tokoh kartun hingga superhero yang bisa menjadi media mewarnai dan belajar meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Membantu meningkatkan kemampuan belajar menulis pada anak-anak tidak hanya bisa dilakukan dengan hanya menggunakan alat tulis mata kita bisa memanfaatkan beberapa benda yang ada di sekitar seperti saat bermain di halaman bisa memanfaatkan ranting pohon maupun benda-benda keras yang lainnya untuk anak-anak menulis beberapa kata sederhana. Anak-anak akan lebih antusias ketika belajar di luar rumah dan lebih mudah untuk memotivasi mereka saat belajar meningkatkan kemampuan menulis kerangka