Cara Membedakan Berlian Asli dengan yang Palsu Bagi Pemula

Anda berencana untuk berlian, atau perhiasan berlian? Tapi tidak tahu cara membedakan mana berlian yang asli dengan berlian yang palsu? Pada dasarnya, orang awam atau pemula bisa membedakannya secara mudah. Karena, cincin kawin berlian sangat mencolok dibandingkan dengan berlian-berlian yang palsu.

Meski begitu, kita harus tetap tahu apa saja triknya. Karena, secara kasat mata, bisa saja kedua jenis berlian asli dan palsu tersebut tampak sama. Nah, bagi yang tidak bisa membedakannya, berikut akan kami jelaskan tipsnya kepada Anda.

Berlian Asli
Berlian Asli

1.  Cek Keaslian Berlian Menggunakan Diamond Selector

Saat ini ada sebuah peralatan digital canggih yang bisa membedakan mana berlian asli dengan yang palsu secara instan. Alat digital tersebut yaitu bernama diamond selector. Cara menggunakannya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menempelkan alat tersebut pada berlian, jika asli maka lampu akan menyala dan alat akan berbunyi.

Diamond selector umumnya sudah disediakan di toko-toko perhiasan yang kredibel. Fungsinya yaitu untuk membuktikan keaslian berlian kepada pembeli. Nah, bagi Anda yang ingin membelinya, carilah toko perhiasan yang sudah menyediakannya.

2.  Tes Embun

Keaslian berlian juga bisa kita bedakan dengan cara yang tradisional. Caranya ini sudah ada sejak lama. Silahkan Anda hembuskan nafas pada batu berlian. Jika nafas Anda berembun pada berlian, dan embun tersebut mengendap cukup lama, maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu.

Jika setelah Anda hembuskan nafas ke batu tersebut embunnya langsung hilang, maka bisa dipastikan berlian tersebut asli. Cara ini bisa Anda gunakan pada berlian yang Anda miliki agar mengetahui keasliannya.

3.  Tidak Akan Berubah Bentuk dan Warna Saat Dibakar

Berlian adalah material sejenis bebatuan. Kekuatannya sangat tinggi sekali. Bahkan, saking kuatnya, batu berlian tidak akan mudah rusak ketika dibakar. Berlian asli umumnya tidak akan berubah bentuk maupun warna ketika Anda bakar menggunakan api yang sedang, maupun tinggi.

Namun sebaliknya, berlian palsu biasanya terbuat dari bahan plastik, di mana pada saat kita bakar, tentu saja warna dan bentuknya pun akan ikut berubah. Namun, tes ini hanya berlaku untuk berlian yang Anda miliki saja, bukan untuk tes di toko perhiasan.

4.  Berlian Asli Akan Tenggelam di Dalam Air

Seperti yang kami jelaskan di atas, berlian merupakan salah satu batuan yang keras. Itulah kenapa, ketika berlian ini kita masukkan ke dalam gelas yang berisi air cenderung akan tenggelam. Hal ini dikarenakan beratnya yang berbeda dengan jenis berlian palsu yang terbuat dari bahan yang ringan.

Tes ini hanya bisa dilakukan pada berlian yang tidak terpasang pada cincin. Karena, tentu saja akan sulit dilakukan jika berliannya terpasan pada cincin yang cenderung memiliki material yang berat.

5.  Tidak Mudah Rusak dan Tergores

Berlian memiliki kekuatan dan daya tahan yang tergolong sangat bagus. Ketika digores dengan benda tajam maupun benda tumpul, berlian tidak akan mudah rusak maupun tergores. Anda bisa cek sendiri menggunakan kaca pembesar untuk melihat apakah ada kecacatan atau tidak.

Namun, meski begitu, berlian tetap tidak boleh disimpan di tempat yang sama dengan perhiasan berlian lainnya. Karena, berlian hanya akan tergores jika digores oleh berlian asli. Namun, kerusakan hanya akan terjadi jika goresannya cukup keras.

Nah, itulah beberapa tips mengenal mana jenis berlian asli dan mana jenis berlian palsu. Kini, sedikit banyaknya Anda bisa membedakannya secara mudah, bukan. Bagi yang berencana untuk membeli perhiasan berlian, Anda bisa langsung memesannya di Mondial.