Hal Penting Dalam Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Sejak lahir hingga usia 5 tahun, otak anak berkembang lebih dari waktu lainnya dalam hidup. Dan perkembangan otak anak usia dini memiliki dampak yang bertahan lama pada kemampuan anak untuk belajar dan bisa berhasil di sekolah atau kehidupan masa depannya. Kualitas pengalaman anak dalam beberapa tahun pertama kehidupan (baik positif atau negatif) membantu membentuk bagaimana otak mereka berkembang.

90% Pertumbuhan Otak Terjadi Sebelum TK

Ketika bayi lahir, ukuran rata-rata otak bayi adalah sekitar seperempat dari ukuran rata-rata otak yang dimiliki oleh orang dewasa. Luar biasa, itu dua kali lipat dalam ukuran di tahun pertama. Itu terus tumbuh menjadi sekitar 80% dari ukuran dewasa pada usia 3 tahun dan 90% (hampir dewasa sepenuhnya) pada usia 5 tahun.

Otak adalah pusat komando tubuh manusia. Bayi yang baru lahir memiliki semua sel otak (neuron) yang akan mereka miliki selama sisa hidup mereka. Namun hubungan diantara sel-sel inilah yang benar-benar dapat membuat otak bekerja sebagaimana mestinya. Koneksi otak memungkinkan kita untuk bergerak, berpikir, berkomunikasi, dan melakukan hampir semua hal. Tahun-tahun anak usia dini sangat penting untuk membuat hubungan ini untuk perkembangan otak anak usia dini. Minimal satu juta koneksi saraf yang baru (sinapsis) dibuat di setiap detik, dan ini lebih banyak daripada waktu yang lain dalam hidup.

G:\ARTIKEL INDO\JULI 2021\SUSAN PROJECT\Wyeth Nutrition -  Batch 2-3 (Jun) 2021\Wyeth Nutrition -  Batch 2-3 (Jun) 2021 - Minggu 4\perkembangan otak anak usia dini 2.jpg

Area otak yang berbeda bertanggung jawab atas kemampuan yang berbeda, seperti gerakan, bahasa dan emosi, dan berkembang pada tingkat yang berbeda. Perkembangan otak dibangun dengan sendirinya, karena koneksi akhirnya terhubung satu sama lain dengan cara yang lebih kompleks. Hal ini memungkinkan anak untuk bergerak, berbicara dan berpikir dengan cara yang lebih kompleks.

Tahun-tahun awal adalah kesempatan terbaik bagi perkembangan otak anak usia dini untuk mengembangkan koneksi yang mereka butuhkan supaya menjadi orang dewasa yang sehat, cakap, dan sukses. Koneksi yang dibutuhkan untuk banyak kemampuan penting dan tingkat yang lebih tinggi seperti motivasi, pengaturan diri, pemecahan masalah dan komunikasi terbentuk pada tahun-tahun awal ini. Jauh lebih sulit bagi koneksi otak penting ini untuk dibentuk di kemudian hari.